get app
inews
Aa Read Next : Badan Tetap Ideal Selama Lebaran, Ikuti 5 Tips Ini!

Ciri-ciri Kamu sedang Hamil, Berikut 16 Tanda-Tandanya

Minggu, 17 Maret 2024 | 12:28 WIB
header img
Jika Anda mengalami tanda-tanda kehamilan, disarankan untuk segera melakukan tes kehamilan menggunakan test pack

BANTEN, iNewsTangsel.id - Kehamilan adalah anugerah bagi seorang calon ibu. Banyak wanita di dunia ini sangat ingin memiliki anak dan melakukan berbagai cara agar bisa hamil.

Menurut American Pregnancy Association, tidak semua wanita menunjukkan tanda-tanda kehamilan yang sama. Beberapa mengalami mual dan muntah tanpa kram perut implantasi, atau sebaliknya.

Bahkan, wanita yang pernah hamil mungkin mengalami gejala kehamilan yang berbeda setiap kali hamil karena perbedaan dalam tubuh mereka.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum kehamilan yang dialami oleh wanita.

1. Keterlambatan menstruasi

Keterlambatan menstruasi adalah tanda kehamilan yang paling umum dialami. Biasanya, kehamilan ditandai dengan tidak adanya menstruasi selama 4-5 hari atau lebih sejak tanggal yang dijadwalkan. Ketika pembuahan terjadi, sel telur akan menempel di dinding rahim dan berkembang menjadi janin selama 9 bulan. Setelah proses implantasi, tubuh akan melepaskan hormon HCG yang menjaga kehamilan dan menghentikan produksi sel telur baru. Ini menyebabkan tidak ada darah menstruasi yang dikeluarkan. Namun, perlu dicatat bahwa keterlambatan menstruasi juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain seperti ketidakseimbangan hormon.

2. Perubahan pada payudara dan puting

Perubahan pada payudara merupakan tanda tidak pasti dari kehamilan yang dirasakan oleh calon ibu. Hal ini karena perubahan tersebut sering mirip dengan gejala pramenstruasi. Perubahan ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron dan estrogen. Biasanya, payudara akan terasa lebih kencang dan dalam beberapa kasus dapat terasa nyeri, sensitif, dan tidak nyaman. Puting susu dan areola juga bisa mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dan memerah, serta munculnya garis-garis urat di sekitar puting. Hormon kehamilan meningkatkan aliran darah ke area ini untuk mempersiapkan produksi ASI.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut