get app
inews
Aa Read Next : Lintasarta Bagikan Santunan Ramadan untuk Ratusan Anak Yatim dan Dhuafa di Tiga Provinsi

Badan Tetap Ideal Selama Lebaran, Ikuti 5 Tips Ini!

Minggu, 07 April 2024 | 16:02 WIB
header img
Menjaga badan tetap ideal perlu dilakukan supaya badan tetap sehat dan fit selama lebaran. Foto: DOK.iNews.id.

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Hari Raya Lebaran menjadi momen berkumpul dan bersilahturahmi bersama keluarga. Perayaan ini identik dengan berbagai makanan dan minuman seperti lauk pauk, cemilan dan lainnya yang disajikan kepada tamu di setiap rumah.

Apabila konsumsi makanan selama Hari Raya Lebaran tidak terkontrol, dapat terjadi peningkatan berat badan. Hal ini juga dapat membahayakan penderita penyakit tidak menular (hipertensi, diabetes dan obesitas) karena peningkatan kalori, kolesterol dan kadar gula darah akibat asupan gizi yang melebihi kebutuhan. 

Oleh karena itu, menjaga badan tetap ideal perlu dilakukan supaya badan tetap sehat dan fit selama lebaran hingga seterusnya. 

Mengutip ayosehat dari Kemenkes.go.id, Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga badan tetap ideal selama lebaran dilansir dari Kemenkes :

1. Batasi konsumsi makanan dan minuman sesuai dengan kebutuhan tubuh

Pastikan tidak mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula dan kalori secara berlebihan. Jika sudah merasa mengonsumsi terlalu banyak cemilan seperti nastar, putri salju dan kue-kue lainnya, maka kurangi porsi nasi saat makan besar. Selain itu, hindari cemilan dengan kandungan coklat, keju atau tinggi lemak untuk mencegah peningkatan asupan kalori.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut