get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Ulang Tahun Jakarta, Hotel Borobudur Hadirkan Pertujukan Kesenian dan Budaya

Menyongsong Lahirnya Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia

Senin, 18 Maret 2024 | 08:58 WIB
header img
Indonesia memiliki 1728 Warisan Budaya Tak benda (WBTb). Jumlah tersebut terdiri dari : 491 warisan budaya dalam domain Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan. Foto/Heru Suyitno 

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan kebudayaannya. Kekayaan budaya Indonesia tidak hanya meliputi seni, tetapi juga bahasa, pandangan hidup, sikap, nilai, moral, tujuan, dan adat istiadat yang tersebar di berbagai kelompok sosial masyarakat yang berjumlah ribuan.

Hal ini memerlukan penanganan khusus, fokus, dan terarah dari satu Kementerian Kebudayaan yang berdiri sendiri, terpisah dari Kementerian Pendidikan.

Bangsa Indonesia memiliki 742 bahasa, berasal dari berbagai suku dan sub-suku bangsa, dengan jumlah keseluruhan tidak kurang dari 478. Cagar Budaya di Indonesia mencapai 66.513, terdiri dari 54.398 Cagar Budaya Bergerak dan 12.115 Cagar Budaya Tidak Bergerak, tersebar di seluruh wilayah negara.

Indonesia juga memiliki 1728 Warisan Budaya Tak Benda (WBTb), yang meliputi warisan budaya dalam berbagai domain seperti adat istiadat, kerajinan tradisional, pengetahuan alam, seni pertunjukan, dan tradisi lisan.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Aliansi Budaya Rakyat (ABRA), yang terdiri dari kelompok seniman, budayawan, dan aktivis seperti Horjabius, Dapunta, Ampera, Taman Inspirasi Sastra Indonesia, dan Cakra Satya 08, merasa penting untuk secara serius mendorong pembentukan Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia yang independen selama periode pemerintahan 2024-2029.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut