get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Ulang Tahun Jakarta, Hotel Borobudur Hadirkan Pertujukan Kesenian dan Budaya

Menyongsong Lahirnya Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia

Senin, 18 Maret 2024 | 08:58 WIB
header img
Indonesia memiliki 1728 Warisan Budaya Tak benda (WBTb). Jumlah tersebut terdiri dari : 491 warisan budaya dalam domain Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan. Foto/Heru Suyitno 

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Pendidikan dan Kebudayaan telah lama menjadi satu entitas dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, namun seakan menjadi dua hal yang berbeda.

Meskipun memiliki nilai yang sama, keduanya memiliki perbedaan dalam bentuk dan posisi. Pendidikan dan Kebudayaan memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga tidak ideal jika dikelola oleh satu kementerian.

Menyatukan keduanya secara keseluruhan sulit dilakukan karena akan menghadapi perbedaan persepsi antara pendidik dan budayawan.

Pendidikan yang memasukkan unsur kebudayaan memang penting, namun jelas bahwa pendidikan tidak hanya tentang kebudayaan.

Pendidikan mencakup berbagai aspek ilmu pengetahuan seperti hukum, sosial, politik, ekonomi, agama, olahraga, dan lainnya. Jika bidang-bidang tersebut memiliki kementerian tersendiri, mengapa kebudayaan tidak memiliki kementerian yang terpisah dari kementerian pendidikan?

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut