get app
inews
Aa Read Next : Jalin Kemitraan Global, Maybank Luncurkan Kartu Kredit Manchester United

Budaya Cashless Marak di Indonesia Seiring Penggunaan Uang Tunai yang Terus Menurun

Selasa, 19 Maret 2024 | 22:43 WIB
header img
Visa Consumer Payment Attitude Study 2023 menemukan bahwa gelombang cashless terus berlanjut di Indonesia, di mana penggunaan uang tunai turun ke level 80%

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Visa, pemimpin dunia dalam pembayaran digital, telah merilis temuan terbaru dari Visa Consumer Payment Attitudes Study di Indonesia. Temuan tersebut mengungkapkan pergeseran yang terus berlanjut menuju kebiasaan nontunai di negara ini dan bergerak dengan mantap menuju masyarakat nontunai.

Pembayaran melalui dompet digital terus mengalami peningkatan dengan penggunaan tertinggi sebesar 92% di kalangan masyarakat Indonesia, angka yang serupa dengan tahun lalu, sementara uang tunai menurun menjadi 80%, dari sebelumnya 84% di tahun 2022.

Pergeseran ke digital ini semakin terasa karena studi ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin banyak menggunakan berbagai mode opsi pembayaran nontunai, terutama dalam dompet digital. 

Meskipun terjadi sedikit penurunan dalam kebiasaan tidak membawa uang tunai dari 67% pada tahun 2022 menjadi 64% pada tahun 2023 karena kembalinya kebiasaan prapandemi, namun masih terdapat peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan angka tahun 2021 sebesar 61%.

Perilaku non-tunai di negara ini didorong oleh generasi muda dari segmen Gen Z (76%) dan Gen Y (69%) - di mana hampir 3 dari 5 orang di antaranya telah berhasil mengadopsi gaya hidup tanpa uang tunai. Para konsumen ini telah berhasil menjalani kehidupan tanpa menggunakan uang tunai selama 10 hari.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut