get app
inews
Aa Read Next : Pasar Wisatawan Tiongkok Mengalami Pemulihan, Pariwisata Outbound Meningkat

Barantin Pacu Nilai Ekspor SBW usai Bertemu Asosiasi Pedagang Grosir Pertanian Cina

Kamis, 21 Maret 2024 | 14:42 WIB
header img
Mengutip dari data ekspor SBW tahun 2023, dari total 1.500 ton yang dihasilkan Indonesia hanya 408,3 ton atau 17% saja yang masuk pasar Cina secara langsung.

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Badan Karantina Indonesia (Barantin) melalui Deputi Bidang Karantina Hewan menerima kunjungan Tio46 pembeli sarang burung walet (SBW) asal Tiongkok yang hadir sebagai delegasi perdagangan dari Asosiasi Pedagang PedaGrosir Pertanian Cina (China Agricultural Wholesale Markets Association, CAWA) di Jakarta, Rabu (20/3/2024) kemarin.

Pertemuan bilateral ini bertujuan untuk menguatkan perdagangan kedua negara khususnya untuk komoditas SBW asal Indonesia.

“Kami memahami kebutuhan masyarakat Cina akan SBW yang berkualitas, sehat dan aman. Pemerintah memberi tugas kepada Barantin untuk memastikan penjaminannya,” kata Wisnu Wasisa Putra, Plt. Deputi Bidang Karantina Hewan, Barantin saat menyambut kedatangan delegasi.

Menurut Wisnu, saat ini Indonesia merupakan produsen SBW terbesar di dunia, dengan kontribusi sebesar 75% dari total produksi SBW dunia, sementara Cina merupakan konsumen SBW terbesar atau menyerap konsumsi SBW hingga 80%.

Namun, mengutip dari data ekspor SBW tahun 2023, dari total 1.500 ton yang dihasilkan Indonesia hanya  408,3 ton atau 17% saja yang masuk pasar Cina secara langsung. Sehingga dapat dipastikan sebagian besar SBW Indonesia masuk ke pasar Cina melalui negara lain, seperti :  Hongkong, Vietnam, Malaysia, Singapura atau negara lainnya.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut