get app
inews
Aa Read Next : Setelah Diserang dengan Ratusan Rudal Balistik Maupun Drone, Israel Siapkan Balasan

Militer China Bersiap Invasi Taiwan 2027, Jeff Liu : Kami Harus Melakukan Semua Persiapan

Sabtu, 23 Maret 2024 | 12:32 WIB
header img
Republik Rakyat China menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayah historisnya, meskipun Beijing belum secara langsung mengendalikan pulau tersebut (Foto: Reuters)

AMERIKA SERIKAT, iNewsTangsel.id - Pemimpin Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat (AS), Laksamana John Aquilino, menyatakan bahwa militer China telah bersiap untuk menginvasi Taiwan pada tahun 2027.

Menurutnya, semua tanda menunjukkan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat China telah diberi arahan oleh Presiden Xi Jinping untuk melakukan invasi tersebut.

Meskipun China mengklaim lebih memilih jalur damai untuk menyatukan Taiwan, Aquilino menegaskan bahwa Xi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan kekuatan militer. Komentarnya disampaikan dalam kesaksian di hadapan Komite Angkatan Bersenjata Parlemen Amerika dan dilaporkan oleh Newsweek pada Jumat (22/3/2024).

Laksamana Aquilino, yang telah memimpin Komando Indo-Pasifik AS selama tiga tahun, akan segera pensiun. Pensiunnya datang pada saat yang kritis di mana China menjadi tantangan besar bagi sistem aliansi tradisional AS di Asia.

Modernisasi militer China yang cepat di bawah kepemimpinan Xi Jinping telah menimbulkan spekulasi tentang kemungkinan penyatuan kembali Taiwan dengan China melalui penggunaan kekerasan militer.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut