get app
inews
Aa Read Next : Benyamin Davnie Bicara Soal Pentingnya Merawat Tradisi Budaya

Pasien DBD dan Flu di Tangsel Melonjak, Dinkes Klaim Semua Terkendali

Senin, 25 Maret 2024 | 13:40 WIB
header img
Dalam enam bulan terakhir, sebanyak 900 warga Kuningan terjangkit DBD. Enam di antaranya meninggal. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

TANGSEL, iNewsTangsel - Pasien demam berdarah dengue (DBD) dan influenza dilaporkan melonjak di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Hal ini sempat beredar di media sosial dengan narasi yang menyebut bahwa pasien di rumah sakit swasta Pondok Indah Bintaro, Kecamatan Pondok Aren, Tangsel membludak.

Beredar pula pihak rumah sakit terpaksa menjalankan layanan perawatan sementara di area selasar.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Alin Hendalin Mahdaniar tidak menampiknya.

"Memang untuk kasus influenza, yang dilaporkan oleh RS Pondok Indah ke sistem yang kami punya naik sih. Tapi minggu ke-11 ini turun," kata dia saat dikonfirmasi, Minggu (25/3/2024).

Alin menyebut, belum mengetahui kapan waktu pengambilan foto yang beredar di media sosial itu dibuat. Menurut Alin, foto itu memperlihatkan didominasi pasien influenza dan DBD.

Alin juga mengklaim, pada pekan lalu kasus influenza yang dilaporkan ada 45. Sedangkan pekan ini hanya 25 kasus. Sehingga dia mengambil kesimpulan bahwa kasusnya sudah menurun.

"Namun kan di sana campur, tidak hanya pasien influenza. Ada DBD juga di RS Pondok Indah," urainya.

Alin menambahkan, bahwa sementara kapasitas tempat tidur di IGD tidak banyak, sehingga sebelum pasien masuk ke kamar, pasti penuh dahulu.

"Sambil nanti dicicil pindah ke kamar. Semua terkendali kok," ucapnya.

Lebih lanjut Alin mengimbau masyarakat jika mengalami keluhan panas tubuh, lebih dari dua hari, langsung minta pertolongan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut