get app
inews
Aa Read Next : Tips Mengatur Keuangan Pasca Lebaran, Lakukan Penghematan!

Mengenal Sinusitis: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Jum'at, 12 April 2024 | 19:20 WIB
header img
Penyebab sinusitis juga bisa bermacam-macam, mulai dari infeksi bakteri, virus, jamur, alergi, hingga adanya masalah pada struktur hidung seperti deviasi septum

TANGERANG, iNewsTangsel.id -Pernahkah kamu merasa sakit kepala berat dan hidung tersumbat yang tak kunjung reda meski sudah minum obat? Bisa jadi, itu bukan sekadar flu biasa, melainkan gejala sinusitis.

Menukil Allianz.co.id, Yuk, kenali lebih jauh tentang penyakit ini agar kamu bisa mengambil langkah pengobatan yang tepat!

Apa itu Sinusitis?

Sinusitis adalah kondisi peradangan atau pembengkakan pada selaput lendir sinus. Sinus sendiri adalah rongga yang terletak di balik tulang wajah dan dahi yang berfungsi sebagai resonator suara dan berhubungan dengan saluran pernapasan.

Ketika sinus mengalami peradangan, udara yang seharusnya mengisi rongga sinus terhalang, dan lendir pun menumpuk, menjadi tempat yang sempurna bagi kuman untuk berkembang biak. 

Gejala Sinusitis 

Gejala sinusitis bisa beragam, tapi umumnya kamu akan merasakan beberapa hal ini:
  • Hidung tersumbat atau berair. Saluran sinus terinfeksi dan meradang, produksi lendir meningkat dan menyebabkan hidung tersumbat atau berair.
  • Tekanan atau nyeri pada wajah, terutama di sekitar hidung dan dahi.
  • Sakit kepala. Saluran sinus terinfeksi dan meradang, penderita mungkin merasakan tekanan atau nyeri pada wajah, dahi, atau di belakang mata.
  • Batuk atau pilek yang berkepanjangan.
  • Berkurangnya indera penciuman. Ini terjadi karena lendir yang berlebihan dapat memblokir saraf penciuman dan pengecapan.
  • Nyeri di gigi dan gusi.
  • Bau napas tidak sedap.
Penyebab Penyakit Sinusitis 

Penyebab sinusitis juga bisa bermacam-macam, mulai dari infeksi bakteri, virus, jamur, alergi, hingga adanya masalah pada struktur hidung seperti deviasi septum.

Faktor risiko lainnya yaitu perokok aktif atau pasif, polusi udara, dan perubahan tekanan udara yang ekstrem. 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut