get app
inews
Aa Read Next : Benyamin Davnie Bicara Soal Pentingnya Merawat Tradisi Budaya

Pemkot Tangerang Minta Masyarakat Skrining Kesehatan Pasca-libur Lebaran

Selasa, 16 April 2024 | 20:32 WIB
header img
Para calon jemaah haji di Kabupaten Cirebon mengikuti cek kesehatan (Foto : Yana)

TANGERANG, iNewsTangsel - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau masyarakat melakukan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) di seluruh fasilitas kesehatan terdekat.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengatakan, skrining PTM penting untuk deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM setelah libur panjang Lebaran tahun 2024.

Terutama, perilaku seperti merokok, pola makan tidak sehat, kurang aktviitas fisik, obesitas, stres, konsumsi minuman beralkohol, hipertensi, hiperglikemi atau pun hiperkolesterol.

“Tak terkecuali, menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan untuk segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan lebih lanjut,” kata dr. Dini, dikutip dari situs resmi Pemkot Tangerang.

Lebih dari itu, imbauan ini juga untuk memastikan kondisi kesehatan para pemudik sebelum kembali ke rutinitas sehari-hari.

Dini menambahkan, berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya, dengan kondisi tubuh yang lelah, tidak menutup kemungkinan munculnya penyakit-penyakit yang perlu ditangani dengan baik.

“Masyarakat juga bisa ikut berperan aktif dalam melaporkan masalah-masalah kesehatan di lingkungan yang memerlukan perhatian khusus dari petugas kesehatan. Khususnya, penyakit-penyakit yang mungkin timbul pasca Lebaran ini,” bebernya.

Sebagai informasi, di Kota Tangerang telah tersedia 20 puskesmas UGD, 17 puskesmas poned dan 34 rumah sakit yang dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang. Yakni, sesuai dengan kepesertaan BPJS nya masing-masing.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut