get app
inews
Aa Read Next : Airin: Pemekaran Daerah Dapat Memperpendek Jalur Birokrasi dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Tradisi Seba Baduy, Ribuan Masyarakat Baduy Akan Temui Bapa Gede

Jum'at, 10 Mei 2024 | 09:20 WIB
header img
Bagi masyarakat Baduy Dalam, Seba Baduy dilakukan dengan berjalan kaki dari Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, menuju pusat Pemerintahan Kabupaten Lebak di Rangkasbitung. Foto/Wikipedia

BANTEN, iNewsTangsel.id - Sebanyak 1.500 warga Baduy dari Desa Kanekes, Lebak, Banten, akan mengikuti tradisi Seba Baduy. Mereka akan mengunjungi Pemerintah Kabupaten Lebak di Rangkasbitung dan Pemerintah Provinsi Banten di Kota Serang.

Pemberitahuan tentang pelaksanaan tradisi ini telah disampaikan oleh masyarakat adat Baduy melalui surat bernomor 400.6/16/PEM/2001/V/2024 kepada Pemerintah Kabupaten Lebak.

Kepala Desa Kanekes, Saidjah, menyampaikan dalam surat pemberitahuan bahwa tradisi Seba Baduy akan dilaksanakan pada 17-19 Mei 2024 dengan perkiraan partisipasi 1.500 orang Baduy, Jumat (10/5/2024).

Tempat pemberangkatan awal adalah Balai Desa Kanekes. Tradisi Seba Baduy merupakan ritual tahunan yang wajib bagi masyarakat adat Baduy, menjadi puncak dari rangkaian tradisi mereka.

Awalnya, masyarakat Baduy menutup kawasan Baduy Dalam di Kampung Cibeo, Cikartawarna, dan Cikeusik, untuk mengikuti tradisi Kawalu. Tradisi ini berlangsung selama 3 bulan dari 13 Februari hingga 13 Mei.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut