get app
inews
Aa Read Next : Perhitungan Appraisal PT GBU Rp9 Miliar, Kapuspenkum: Diharga Rp9 Triliun Tidak ada yang Menawar

Berikut Nama-nama 10 Orang Tersangka Terkait Dugaan Korupsi di PT Timah Tbk

Kamis, 13 Juni 2024 | 19:28 WIB
header img
Sejumlah tersangka ditahan selama 20 hari ke depan dan perkaranya akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi

Para tersangka tersebut ditahan selama 20 hari dan kasusnya akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Tim Penyidik juga menyerahkan barang bukti terkait dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh para tersangka, antara lain: dokumen, sejumlah uang tunai dan logam mulia, 3 unit mobil, dan 90 sertifikat tanah.

Dalam kasus ini, pada periode 2015-2022, SG selaku Komisaris PT SIP, dibantu oleh MBG selaku Direktur Utama PT SIP, melakukan penambangan dan pengumpulan bijih timah dari IUP PT Timah Tbk secara ilegal. Pada 2018-2019, SP dan RA selaku Direksi PT RBT menginisiasi pertemuan dengan MRPT dan EE selaku Direksi PT Timah Tbk untuk melakukan permufakatan jahat terkait penambangan timah ilegal di IUP PT Timah Tbk yang disamarkan sebagai kerja sama sewa-menyewa peralatan peleburan timah. Kesepakatan ini kemudian dilanjutkan oleh para smelter yang diwakili oleh SG, MBG, HT, BY, RI, dan RL.

Perbuatan para tersangka menyebabkan kerugian negara, khususnya PT Timah Tbk. Selain itu, SG, SP, dan RI diduga kuat melakukan tindak pidana pencucian uang dengan cara menyamarkan hasil kejahatan melalui pengiriman dana dan pembelian aset atas nama orang lain.

Para tersangka dikenakan Pasal 2 Ayat (1) dan Pasal 3 jo. Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 yang diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. Khusus SG, SP, dan RI juga dikenakan Pasal 3 dan Pasal 4 Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Berkas perkara akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi oleh Jaksa Penuntut Umum, ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Harli Siregar dalam siaran tertulisnya yang diterima iNewsTangsel.id

Dengan dilimpahkannya 10 berkas perkara ini, total 13 perkara telah diselesaikan oleh Penyidik, termasuk perkara dugaan tindak pidana obstruction of justice, sedangkan sembilan berkas perkara lainnya masih dalam tahap penyempurnaan. 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut