get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pelantikan Presiden, Logis 08 Optimis dengan Kepemimpinan Prabowo Subianto 

Indohealthcare Gakeslab Expo Dorong Inovasi Alat Kesehatan dan Transformasi Kesehatan Indonesia

Minggu, 28 Juli 2024 | 06:28 WIB
header img
Pemerintah dan industri alat kesehatan terus berupaya menghadirkan teknologi medis terkini guna meningkatkan pelayanan medis

JAKARTA, iNewsTangsel.id- Perkembangan teknologi alat kesehatan di Indonesia mengalami peningkatan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Pemerintah dan industri alat kesehatan terus berupaya menghadirkan teknologi medis terkini guna meningkatkan pelayanan medis dan melakukan tindakan preventif terhadap penyakit infeksi, serta menekan tingkat mortalitas.

Pelayanan kesehatan merupakan pilar utama pembangunan nasional menuju "transformasi kesehatan: melesat menuju Indonesia Emas" seperti yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Salah satu aspek penting dalam membangun sistem kesehatan Indonesia adalah ketersediaan alat kesehatan mutakhir untuk diagnosa dan tindakan kuratif yang tepat dan cepat.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Krista Exhibitions bersama Gabungan Pengusaha Alat Kesehatan dan Laboratorium (GAKESLAB) akan menyelenggarakan INDOHEALTHCARE GAKESLAB EXPO 2024 pada 31 Juli - 2 Agustus 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Pameran internasional ini akan menampilkan inovasi produk kesehatan secara lengkap, termasuk alat kesehatan yang dibutuhkan oleh unit pelayanan kesehatan baik di bawah naungan pemerintah maupun swasta.

Chief Executive Officer Krista Exhibitions, Daud D. Salim, mengatakan bahwa pameran INDOHEALTHCARE GAKESLAB EXPO 2024 akan diikuti oleh 120 perusahaan, termasuk 10 UMKM. Pameran yang diselenggarakan untuk ke-14 kalinya ini akan memfokuskan pada aktivitas business matching dan business networking, yang dirancang khusus untuk mempertemukan pelaku usaha dan lembaga keuangan dengan akademisi/peneliti (B to Academy), pelaku usaha dengan end-user (Business to Hospital/Health Care Units), serta pelaku usaha dengan distributor/importir/supplier. Pameran ini menargetkan 10.000 pengunjung selama tiga hari.

Ketua Umum GAKESLAB Indonesia, Rd. Kartono Dwidjosewojo, menyatakan bahwa pandemi COVID-19 memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya produksi lokal dan transfer teknologi untuk meningkatkan ketahanan kesehatan dan pemerataan akses terhadap obat dan alat kesehatan. GAKESLAB Indonesia, bersama pelaku industri alat kesehatan dan pemerintah, berkeinginan membangun ekosistem yang berkelanjutan dari hulu hingga hilir agar dapat bersaing di panggung global. Pameran ini bertema “Forum Nasional Membangun Ekosistem Ketahanan Alat Kesehatan Terintegrasi Dari Hulu Ke Hilir di Indonesia”.

INDOHEALTHCARE GAKESLAB EXPO 2024 akan diisi dengan berbagai forum diskusi kelompok dengan topik-topik terkini seperti membangun kemandirian dan resiliensi nasional di sektor industri alat kesehatan, meningkatkan pelayanan kesehatan primer dan rujukan di era Jaminan Kesehatan Nasional, serta akses terhadap produk alat kesehatan inovatif. Bahasan juga mencakup penyakit yang menjadi perhatian sistem kesehatan nasional seperti kanker, diabetes, stroke, urologi, dan jantung.

Pameran ini terselenggara atas dukungan pemerintah pusat seperti Kementerian Kesehatan R.I., Kementerian Perindustrian R.I, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan R.I, Gabungan Alat Kesehatan dan Laboratorium (GAKESLAB), serta berbagai organisasi profesi dan asosiasi terkait di bidang kesehatan.

INDOHEALTHCARE GAKESLAB EXPO 2024 terbuka bagi pelaku bisnis dan masyarakat umum. Pameran dibuka dari Rabu hingga Jumat, pukul 10.00-19.00 WIB. Anak di bawah 14 tahun tidak diperkenankan masuk. 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut