get app
inews
Aa Read Next : SiDU dan Atma Jaya Uji Pengaruh Menulis Tangan Terhadap Literasi Siswa

Luncurkan Website, Alinea Jadi Serikat dan Jangkar Komunikasi Para Penulis

Senin, 02 September 2024 | 09:49 WIB
header img
Alinea, sebagaimana paparan Mardiyah, bahkan berencana melaksanakan festival untuk penulis dan pembaca di Indonesia

Penulis yang juga advokat ini kemudian memaparkan jejak panjang advokasi yang telah dilakukan oleh Alinea, meski sebelumnya dikenal sebagai Satupena di masa lalunya. Beberapa di antaranya termasuk pengelolaan royalti penulis atas penggunaan sekunder hak cipta buku atau karya tulis lainnya, serta upaya mendorong penghargaan bagi sastrawan negara.

Peran semacam ini akan terus dilakukan Alinea meski organisasi penulis ini telah diundang oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), pada tahun 2021 guna membahas pengelolaan royalti, dan berhasil menurunkan pajak royalti dari 15% menjadi 6% pada Maret 2023.

Alinea, sambung Direktur Eksekutif Alinea Deasy Tirayoh, masih akan terus melakukan sosialisasi kebijakan dan perbaikan komunikasi internal. 
Di masa mendatang, semua isu mendesak terkait perjuangan Alinea sebagai organisasi profesi penulis, dapat terus dioptimalkan secara bertahap.

Hadir dalam acara peluncuran website Alinea antara penulis lain Magdalena Sitorus, Candrika Adhiyasa, Dani Irawan Yatim, Emi Suy, Ita Siregar, Debra Yatim, Wien Muldian dan budayawan Romo Mudji Sutrisno.
 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut