get app
inews
Aa Read Next : Jakarta Dominasi PON XXI di Tengah Tantangan: Olahraga Berkuda Siap Menuju Pentas Global

Provinsi Jabar Menjadi Tim Pertama yang Meraih Medali Emas Cabor Esports di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Senin, 16 September 2024 | 15:33 WIB
header img
PON XXI Aceh-Sumut 2024 diikuti oleh perwakilan dari 24 Provinsi

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Kontingen Esports Free Fire dari Provinsi Jawa Barat mencatat sejarah sebagai provinsi pertama yang meraih medali emas di cabang olahraga esports pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut). Tim yang terdiri dari para pemain bintang Free Fire ini mengumpulkan total XX poin dari 10 ronde pertandingan yang berlangsung pada 14-15 September 2024 di Medan International Convention Center (MICC), Medan, Sumatra Utara.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pendukung, khususnya warga Jawa Barat, yang telah memberikan kepercayaan dan mendukung kami hingga akhirnya kami bisa menyumbangkan medali emas di PON XXI Aceh-Sumut. Terima kasih kepada pelatih, pemain, serta seluruh tim dan ofisial yang berperan penting dalam perjalanan kami. Medali ini kami persembahkan untuk seluruh warga Jawa Barat," ungkap Irgi “Geday” Ramdani, Kapten Tim Esports Free Fire Provinsi Jawa Barat.

Jawa Barat tampil dominan di cabang esports nomor Free Fire PON XXI Aceh-Sumut 2024 sejak hari pertama, ketika mereka berhasil memimpin klasemen dengan total 90 poin. Performa gemilang ini berlanjut hingga hari kedua, di mana mereka tampil lebih baik lagi. Pada pertandingan kedua, Jawa Barat mencatatkan total 122 poin. Dengan total keseluruhan 212 poin, Jawa Barat meraih medali emas, mengungguli Sulawesi Selatan (161 poin) dan Papua (144 poin) yang masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga.

Susunan pemain kontingen Esports Free Fire Provinsi Jawa Barat terdiri dari Irgi Ramdani, Raihan Faelani, Muhammad Azriel Maulana, Sulthan Syah Abadi Putra, dan Ridho Alfian Ramadan. Kelimanya adalah pemain profesional yang membela tim-tim esports besar seperti EVOS Divine, Kagendra, Bigetron Delta, hingga MBR Epsilon. Pengalaman mereka di kancah esports Free Fire menjadi modal utama dalam meraih medali emas di PON XXI Aceh-Sumut.

Kunci kemenangan Jawa Barat juga tak terlepas dari peran pelatih Christian "Chrisjo" Jonathan Pascoal dan Arif “AK” Kurniawan. Keduanya bukan pelatih sembarangan, karena telah lama menangani tim-tim papan atas di Free Fire. AK adalah pelatih Kagendra, sedangkan Chrisjo saat ini menjadi pelatih Bigetron Delta.

Bagi Chrisjo dan Ridho Alfian, medali emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024 menambah daftar prestasi mereka, setelah sebelumnya memenangkan trofi di Free Fire World Series (FFWS) Indonesia 2024 Fall. Kemenangan ini semakin spesial, karena momen kemenangan di FFWS Indonesia 2024 Fall juga diraih saat mereka bertanding di Bandung, Jawa Barat, provinsi yang mereka wakili di PON XXI Aceh-Sumut.

"Menjadi kontingen pertama yang menyumbang medali emas di cabang esports merupakan catatan yang sangat spesial bagi kami. Segala kerja keras kami akhirnya terbayarkan dengan medali emas ini. Terima kasih atas semua dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami. Semoga capaian ini menjadi awal yang cerah bagi tim esports Jawa Barat," ujar Chrisjo, Minggu (15/9/2024).

Free Fire menjadi cabang esports pertama yang dipertandingkan dan selesai di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Pertandingan berlangsung pada 14-15 September 2024, dengan mempertemukan kontingen dari 12 provinsi terbaik di Indonesia. Mereka bertanding dalam 10 ronde selama 2 hari di hadapan pendukung di Medan International Convention Center (MICC), Medan, Sumatra Utara.

Adapun, klasemen akhir cabang Esports Free Fire PON XXI Aceh-Sumut 2024 adalah sebagai berikut:
1. Provinsi Jawa Barat (212 Poin)
2. Provinsi Sulawesi Selatan (161 Poin)
3. Provinsi Papua (144 Poin)
4. Provinsi Sulawesi Utara (133 Poin)
5. Provinsi Sulawesi Tenggara (128 Poin)
6. Provinsi Sumatra Selatan (115 Poin)
7. Provinsi Bali (100 Poin)
8. Provinsi Riau (79 Poin)
9. Provinsi Sumatra Utara (73 Poin)
10. Provinsi Gorontalo (62 Poin)
11. Provinsi Aceh (51 Poin)
12. Provinsi Jawa Tengah (34 Poin)

Free Fire merupakan salah satu dari lima game yang dipertandingkan dengan medali resmi di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Secara keseluruhan, ada tujuh game yang dipertandingkan di PON kali ini, dengan dua di antaranya dipertandingkan dalam kategori ekshibisi.

Babak utama cabang esports PON XXI Aceh-Sumut 2024 diikuti oleh perwakilan dari 24 provinsi, dengan total 260 atlet dan 52 kontingen esports. Sebanyak 16 atlet dan 6 kontingen mengikuti babak ekshibisi. Cabor esports PON XXI 2024 berlangsung dari 13 hingga 19 September 2024. Cabor esports PON XXI Aceh-Sumut 2024 terselenggara berkat kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Panitia Besar PON (PB PON), dan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut