get app
inews
Aa Read Next : DPW PKB Banten Syukuran Potong Sapi: Bentuk Terima Kasih SK Kemenkumham dan Keberhasilan Muktamar

Basarnas Siapkan 2 Helikopter dan 100 Personel untuk Sukseskan Bali International AirShow 2024

Rabu, 18 September 2024 | 06:00 WIB
header img
Latihan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan dalam melakukan penyelamatan dari udara di wilayah perairan

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) siap mendukung penuh pelaksanaan Bali International AirShow (BIAS) yang akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 21 September 2024. Untuk memastikan kesiapan dalam mendukung acara ini, Basarnas mengerahkan 2 helikopter, kapal SAR, serta lebih dari 100 personel dari berbagai wilayah.

Dalam rangka menjaga keselamatan dan kesiapan operasi selama acara tersebut, Basarnas mengadakan latihan intensif. Pada Selasa (17/9/2024), tim Basarnas melakukan latihan penyegaran helly rescue di hanggar Basarnas, yang berlokasi di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Para personel mengasah kemampuan teknik helly rappeling, dan dilanjutkan dengan simulasi Evakuasi Medis Udara (EMU) untuk meningkatkan koordinasi dalam menghadapi potensi kedaruratan selama acara berlangsung.

Sehari sebelumnya, pada Senin (16/9/2024), personel dari Basarnas Special Group (BSG) bersama dengan tim dari Kantor SAR Bali, Mataram, dan Surabaya melakukan latihan helly freejump di Pantai Muaya Jimbaran, Bali. Latihan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan dalam melakukan penyelamatan dari udara di wilayah perairan, yang menjadi salah satu fokus dalam rangkaian persiapan BIAS 2024.

Kepala Basarnas, Marsdya TNI Kusworo, hadir langsung untuk memantau jalannya latihan tersebut. Ia menegaskan pentingnya kesiapan seluruh tim dan peralatan pendukung dalam menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi selama acara internasional ini. “Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk mendukung keselamatan selama Bali International AirShow, terutama dalam situasi kedaruratan,” ungkap Marsdya TNI Kusworo.

Lebih lanjut, Marsdya Kusworo mengingatkan seluruh personel yang terlibat agar selalu mengutamakan keselamatan dalam setiap tahap latihan dan saat bertugas. "Ingat, safety first dan zero accident," pesannya tegas kepada tim yang akan bertugas.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut