get app
inews
Aa Read Next : KoPHI Darat: Langkah Strategis Kemnaker Menuju Transformasi Hubungan Industrial yang Inklusif

Wamenaker Afriansyah Noor Ajak Generasi Muda Siap Hadapi Perubahan Pasar Kerja

Minggu, 22 September 2024 | 12:21 WIB
header img
Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong partisipasi generasi muda dalam menghadapi tantangan era digital dan globalisasi

JAMBI, iNewsTangsel.id - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mengajak mahasiswa dan generasi muda untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan dinamis di pasar kerja. Dalam kuliah umum yang digelar di Jambi, Wamenaker menegaskan pentingnya adaptasi dan pembelajaran berkelanjutan untuk merespons tantangan ketenagakerjaan yang kian kompleks.

"Saya ingin generasi muda terus belajar dan membangun jejaring yang kuat agar siap mengatasi tantangan ketenagakerjaan di masa depan," kata Afriansyah Noor dalam keterangan pers Biro Humas Kemnaker, Jumat (20/9/2024).

Afriansyah menambahkan, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah berupaya memperkuat pendidikan vokasi dan sistem pelatihan kerja yang lebih sesuai dengan kebutuhan industri. Salah satu inisiatif strategis yang telah diluncurkan adalah Sistem Informasi Pasar Kerja (SIAPKerja). Sistem ini menyediakan data mengenai lowongan pekerjaan, pelatihan, dan sertifikasi yang diperlukan oleh para pencari kerja, serta diharapkan mampu mengurangi ketimpangan antara suplai dan permintaan tenaga kerja.

"SIAPKerja menjadi solusi yang menjembatani kebutuhan industri dengan kompetensi tenaga kerja, sehingga dapat memperkecil kesenjangan di antara keduanya," lanjutnya.

Menutup kuliah umumnya, Afriansyah menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, lembaga pendidikan, dan masyarakat dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan kompetitif.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut