get app
inews
Aa Read Next : Menteri Agus Gumiwang Buka Suara tentang LCTC, Ternyata Ini Motif Sebenarnya

Kemenperin Libatkan Ribuan Industri Kecil, Gencar Sosialisasikan Sertifikasi TKDN

Senin, 14 Oktober 2024 | 04:04 WIB
header img
Untuk memperluas pasar produk IKM, Kemenperin konsisten mempromosikan produk unggulan IKM melalui pameran nasional dan internasional

Reni Yanita, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA), yang juga Sekretaris Pokja Sosialisasi Timnas P3DN, menambahkan bahwa Kemenperin terus memberikan informasi dan promosi produk dalam negeri melalui berbagai program. 

"Kemenperin secara rutin mensosialisasikan kebijakan sertifikasi TKDN-IK kepada pelaku industri kecil serta memberikan pendampingan dalam proses pendaftaran sertifikasi tersebut," ujarnya.

Reni juga menyebutkan bahwa Ditjen IKMA telah bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyelenggarakan 26 kegiatan sosialisasi TKDN-IK, dengan 3.036 peserta yang terdiri dari pelaku industri kecil dan aparatur pemerintah daerah.

Pada tahun 2023, sosialisasi TKDN-IK diikuti oleh 2.078 peserta, dan sekitar 958 peserta telah berpartisipasi pada semester pertama tahun ini. Sosialisasi juga dilakukan melalui Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bidang IKM oleh Dinas Perindustrian di 68 daerah, yang menghasilkan 2.961 sertifikat TKDN pada tahun 2023. Pada semester pertama tahun 2024, kegiatan ini telah digelar di 99 daerah, dengan 2.122 sertifikat yang diterbitkan.

Hingga 6 Oktober 2024, total sertifikat TKDN-IK yang diterbitkan mencapai 19.669 untuk 22.667 produk.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut