get app
inews
Aa Read Next : Menanti Gebrakan 100 Hari Pertama Prabowo-Gibran Atasi Kendala Gas Industri di Banten

Mempersiapkan SDM Unggul: Konsorsium Vokasi Jawa Barat dan Banten Dorong Inovasi dan Talenta

Selasa, 22 Oktober 2024 | 13:53 WIB
header img
Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Vocative 2024 diharapkan mampu menjadi titik awal dalam menciptakan SDM berkualitas yang siap bersaing di pasar global

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Dalam upaya mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045, Konsorsium Perguruan Tinggi Vokasi Jawa Barat dan Banten menyelenggarakan Dialog Publik dan Talk Show di acara Vokasional Innovation Expo (Vocative) 2024, Selasa (22/10/2024) di Gymnasium Sekolah Vokasi IPB University. Acara ini menjadi momentum penting dalam memperkuat pendidikan vokasi sebagai penghasil tenaga kerja terampil yang siap menghadapi tantangan industri.

Mengangkat tema "Maximize Your Potential with Vocational," Vocative 2024 mengajak seluruh pihak untuk bersinergi memaksimalkan potensi pendidikan vokasi dalam menghasilkan SDM berkualitas. Ketua Program Ekosistem Kemitraan Konsorsium, Dr. Doni Sahat Tua Manalu, menekankan bahwa pendidikan vokasi bukan lagi pilihan kedua. "Pendidikan vokasi adalah kunci untuk menciptakan SDM unggul yang siap bersaing di era global. Kita harus membangun fondasi yang kuat demi masa depan Indonesia yang lebih cerah," ujarnya.

Dialog ini mempertemukan para pemangku kepentingan dari pemerintah, industri, UMKM, hingga akademisi untuk bertukar ide dan strategi dalam menghadapi tantangan ketenagakerjaan di masa depan. Salah satu pembicara, Novi Zulkarnain, Analis Kebutuhan Tenaga Kerja Mitras DUDI, menyoroti masalah tingginya angka pengangguran di Jawa Barat, meskipun provinsi ini memiliki tingkat investasi terbesar di Indonesia. "Tantangan kita adalah memastikan lulusan SMK dan pendidikan vokasi dapat terserap oleh industri, yang saat ini lebih mengutamakan reskilling dan upskilling," jelasnya.

Selain dialog publik, acara ini juga menghadirkan pameran inovasi dari berbagai lembaga pendidikan vokasi dan talk show inspiratif yang menghadirkan generasi Z sebagai narasumber. Mereka berbagi pengalaman tentang pengembangan karier di bidang vokasi dan pentingnya pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Tak hanya itu, Talent Fair berupa fashion show dari SMK-SMK di wilayah Jawa Barat dan Banten turut memeriahkan acara, menampilkan kreativitas siswa-siswi di bidang mode dan desain. "Acara seperti ini penting untuk mendorong inovasi dan memperluas wawasan generasi muda tentang berbagai peluang karier di sektor vokasi," ungkap Dr. Aceng Hidayat, Dekan Sekolah Vokasi IPB University.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut