get app
inews
Aa Read Next : Tawuran Petasan Modus Bangunkan Sahur di Pondok Aren Bikin Resah, Polisi Tindak Tegas

Bulan Ramadan, Ini Sederet Peristiwa Penting di Bulan Suci Terjadi di Dunia dan Indonesia

Minggu, 27 Maret 2022 | 07:03 WIB
header img
Ilustrasi Perang Badar (Foto: En Islami)

BULAN Ramadan 1443 H sebentar lagi akan tiba dan menjadi momen yang dinantikan kaum Muslim. Namun patut diingat pada Ramadan banyak peristiwa penting terjadi.

Berikut adalah 4 peristiwa penting dunia yang terjadi di bulan Ramadan.

1. Perang Badar

Salah satu perang besar bagi kaum Muslim adalah Perang Badar. Peristiwa itu terjadi pada 13 Maret tahun 624 di Kota Badar. Kota ini terletak sekitar 80 mil barat daya Madinah. Saat itu, pasukan Muslim yang dipimpin Nabi Muhammad SAW bertarung dengan Suku Quraisy di Mekah. Berdasarkan catatan sejarah, perang ini terjadi di bulan Ramadhan, tepatnya di hari ke-17.

Jumlah pasukan Muslim yang maju ke medan perang hanya 313 orang. Sementara itu, jumlah pasukan Quraisy jauh lebih banyak yakni seribu orang. Meskipun kalah jumlah, namun pasukan Muslim berhasil mengacaukan barisan pertahanan Quraisy dalam waktu 2 jam. Mereka juga memukul mundur Quraisy dan mengalahkannya. Kemenangan umat Muslim ini membuat Islam semakin kuat di Madinah.

2. Pembebasan Kota Mekah

Peristiwa ini disebut juga sebagai Fathu Mekah dan terjadi pada 18 Ramadhan tahun 8 Hijriah. Melansir laman resmi NU, umat Muslim ketika itu berhasil mengambil alih Mekah dari kaum Quraisy tanpa adanya perlawanan. Kakbah dan sekitarnya disucikan dari berhala yang disembah kaum Quraisy.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut