Jokowi Tegaskan Presiden Boleh Berkampanye, Justru Berpotensi Degradasi Perolehan Suara Paslon 02

Vitrianda Hilba Siregar
Pemerhati politik dan keamanan Publik, Rommy Edward Pryambada. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kepala negara boleh berkampanye atau pun memihak. Pernyataan tersebut menanggapi perihal adanya menteri kabinet yang menjadi tim sukses pasangan capres-cawapres meski tidak ada hubungan politik. 

"Ya ini kan hak demokrasi, hak politik setiap orang setiap menteri sama saja. Yang paling penting presiden itu boleh lho itu kampanye, presiden itu boleh lho memihak, boleh," kata Jokowi usai acara serah terima sejumlah alutsista didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024).

Sikap Jokowi mendapat kritikan dari berbagai pihak yang intinya ketidaksetujuan atas hal tadi.

Pemerhati politik dan keamanan Publik, Rommy Edward Pryambada mengatakan, apa yang disampaikan Jokowi berpeluang menimbulkan polemik.
 
"Statement Pak Jokowi yang menegaskan bahwa presiden boleh kampanye dan memihak berpeluang menimbulkan polemik dipersoalan etika politik," ujar Rommy dalam pesannya Rabu, 24 Januari 2024.

Rommy melanjutkan, dapat dimaklumi jika statement tersebut berangkat dari hak personal beliau, namun demikian statement tersebut sebaiknya tidak menjadi konsumsi masyarakat luas karena terkait status beliau sebagai kepala negara.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network