Jepang dan Uni Eropa Kerjasama Bangun Matahari Buatan Terbesar di Dunia

Hasiholan
JT-60SAI adalah proyek gabungan Uni Eropa dan Jepang, dan merupakan cikal bakal proyek Matahari buatan lebih besar di Prancis

TOKYO, iNewsTangsel.id - Pada tanggal 1 Desember 2023, JT-60SA, reaktor fusi nuklir eksperimental terbesar di dunia, diresmikan di Jepang. Teknologi ini, yang sering disebut sebagai "Matahari buatan", diharapkan dapat menjadi solusi untuk kebutuhan energi masa depan.

Tujuannya adalah untuk meneliti kelayakan fusi sebagai sumber energi bersih, aman, berskala besar, dan bebas karbon, dengan menghasilkan lebih banyak energi daripada yang diperlukan untuk memproduksinya.

Mesin ini terletak di hanggar di Naka, utara Tokyo, dan terdiri dari tokamak berbentuk donat yang berisi plasma berputar yang dipanaskan hingga suhu 200 juta derajat Celsius.

JT-60SA adalah proyek kolaborasi antara Uni Eropa dan Jepang, yang menjadi landasan bagi proyek Matahari buatan yang lebih besar di Prancis, yaitu International Thermonuclear Experimental Reactor (ITER) yang sedang dibangun. Tujuan akhir dari proyek ini adalah untuk menciptakan kondisi di mana inti hidrogen dapat bergabung menjadi inti helium yang lebih berat, melepaskan energi dalam bentuk cahaya dan panas, meniru proses yang terjadi di Matahari.

Mereka berharap dapat mencapai tujuan utama teknologi fusi nuklir, yaitu energi bersih. Sam Davis, wakil pemimpin proyek JT-60SA, menyatakan bahwa perangkat tersebut akan membawa kita lebih dekat menuju energi fusi.

"Ini merupakan hasil kolaborasi antara lebih dari 500 ilmuwan dan insinyur, serta lebih dari 70 perusahaan di seluruh Eropa dan Jepang," ujar Davis pada saat peresmian.

Editor : Hasiholan Siahaan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network