Anies dan Ridwan Berpose Tunjukkan Keakraban, Akankah Keduanya Bertarung di Pilgub Jakarta?

Widya Michella
Anies Baswedan dan Ridwan Kamil tampak akrab di acara Utang Tahun Raja Charles III. Foto: Widya Michella

Anies Baswedan Dilirik PKB dan PDIP

Sementara itu, Anies telah mendaftar untuk mengikuti proses Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) sebagai calon gubernur Jakarta ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid.

Meskipun sebelumnya didukung oleh PKB dalam Pemilihan Presiden 2024, Anies harus tetap melewati tahapan untuk mendapatkan dukungan dari PKB dalam Pemilihan Gubernur Jakarta 2024.

"Karena Pak Anies memiliki elektabilitas yang tinggi, nanti kita akan mengikuti arahan dari desk Pemilihan Gubernur. Pak Anies sudah mendaftar di DKI, nantinya dia akan dipanggil," kata Gus Jazil, sapaannya, kepada media setelah UKK Bacagub Sumatera Utara (Sumut) di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, pada Selasa (4/6/2024).

Gus Jazil menyatakan bahwa pihaknya akan mencari sosok yang memiliki peluang besar untuk menang dalam Pemilihan Gubernur Jakarta.

"Ini hanya sebatas wacana. Pendapat individu belum mencapai keputusan. Karena keputusan tersebut melibatkan banyak hal. Selain elektoral, visi, komitmen, termasuk jaminan untuk menang. Jadi Pak Anies termasuk di dalamnya. Jika ingin mencalonkan diri, harus mengikuti mekanisme yang ditetapkan oleh partai. Beliau sudah mendaftar di PKB," katanya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengakui bahwa Anies adalah sosok yang menarik. "Pak Anies juga menarik," kata Puan di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Selasa (4/6/2024).

Selain Anies, PDIP juga melirik Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jakarta 2024. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Pernyataan Hasto juga sekaligus merespons pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang juga menyatakan bahwa Anies adalah kandidat yang menarik untuk diusung. "Mbak Puan sebelumnya menyebut bahwa Mas Anies adalah sosok yang menarik, kemudian muncul nama Mas Pramono Anung," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, pada Kamis (6/6/2024).

Sekretaris Jenderal Partai Perindo, Ahmad Rofiq menyatakan, pemimpin Daerah Khusus Jakarta (DKJ) ke depan harus memiliki kapasitas di atas rata-rata.

Menurutnya, Anies Baswedan, yang menjabat sebagai Gubernur pada periode 2017-2022, telah menciptakan suasana yang lebih baik.

"Nah di sinilah pentingnya pemimpin yang punya kapasitas yang di atas rata-rata, kita melihat bahwa pimpinan sebelumnya (Anies-red) sudah memberikan suasana yang lebih baik," ujar Rofiq di Kantor DPP Perindo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network