Festival Pangan Nusantara: Semarak Tiga Tahun Badan Pangan Nasional dengan Semangat Ketahanan Pangan

Shanty Brilliani Tasya
Badan Pangan Nasional siap melanjutkan ikhtiar membangun Pangan Untuk Negeri. Foto/Shanty

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Dalam rangka memperingati ulang tahun ketiganya, Badan Pangan Nasional (NFA) menggelar Festival Pangan Nusantara dengan tema “Adicita Pangan Untuk Negeri” pada Minggu (28/7/2024) di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Acara ini menjadi bukti dedikasi NFA terhadap masyarakat selama tiga tahun terakhir.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi menyampaikan bahwa festival ini bertujuan untuk mengajak masyarakat merasakan kebersamaan dan mengikuti berbagai aktivitas edukatif. "Hari ini adalah rangkaian kegiatan dalam peringatan ulang tahun ke-3 Badan Pangan Nasional. Setelah berolahraga bersama, masyarakat bisa melanjutkan aktivitasnya seperti coaching clinic, lomba menggambar, kampanye B2SA, gerakan pangan murah, lab pangan, serta bagi-bagi jus buah, sayur, dan telur gratis," jelas Arief saat membuka Festival Pangan Nusantara.

Selain itu, ajakan untuk gemar mengonsumsi jus buah dan sayur terus digaungkan pemerintah. Survei Kesehatan Indonesia 2023 menunjukkan bahwa 11,8 persen dari 791.167 individu yang diobservasi tidak mengonsumsi buah dan sayur dalam seminggu. Gerakan gemar makan telur juga ditekankan karena telur merupakan sumber protein yang baik dan terjangkau. Data dari Susenas Maret 2023 menunjukkan peningkatan rerata konsumsi telur ayam ras per kapita di perkotaan dan perdesaan dari 8,857 butir pada 2019 menjadi 9,164 butir pada 2023.

Arief menekankan pentingnya kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan pangan untuk menjaga ketahanan pangan nasional yang berkelanjutan. "Ketahanan pangan di Indonesia harus berfokus pada kemandirian dan kedaulatan pangan. Apa yang bisa diproduksi di dalam negeri harus ditingkatkan produksinya," katanya.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman turut mengapresiasi kontribusi NFA dalam membangun sektor pangan yang kuat. "Kolaborasi yang baik telah meningkatkan produksi pangan hingga 700 ribu ton dalam dua bulan terakhir. Keberhasilan ini adalah hasil dari kerjasama yang solid antara Kementan di hulu dan NFA di hilir," ungkap Amran.

Editor : Hasiholan Siahaan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network