Inovasi Terbaru Pengobatan Parkinson, Siloam Hospital Rayakan 10 Tahun Terapi DBS dan Percept PC

Vitrianda Hilba Siregar
Pernahkah Anda melihat seseorang gemetaran tanpa sebab atau kesulitan berjalan? Itu bisa jadi tanda-tanda penyakit Parkinson. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Pernahkah Anda melihat seseorang gemetaran tanpa sebab atau kesulitan berjalan? Itu bisa jadi tanda-tanda penyakit Parkinson. Parkinson adalah penyakit yang membuat saraf di otak kita rusak perlahan-lahan. Kerusakan ini terutama terjadi di bagian otak yang mengatur gerakan.

Otak memiliki zat kimia khusus yang disebut dopamin. Dopamin ini seperti utusan yang membawa pesan dari otak ke otot-otot, sehingga bisa bergerak dengan lancar. Pada penderita Parkinson, produksi dopamin berkurang. Akibatnya, pesan-pesan dari otak jadi terhambat dan gerakan tubuh pun menjadi tidak terkendali.

Parkinson umumnya dialami oleh orang berusia di atas 60 tahun, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia lebih muda. Hingga saat ini, penyebab pasti dari kematian sel-sel saraf ini belum sepenuhnya diketahui, namun kombinasi faktor genetik dan lingkungan diduga berperan dalam perkembangan penyakit ini

Siloam Hospital Kebon Jeruk, sebagai salah satu pusat Gangguan Gerakan (Movement Disorder) terbesar di Indonesia, dengan bangga mengumumkan perayaan 10 tahun pelaksanaan Deep Brain Stimulation (DBS) Therapy untuk penyakit Parkinson di Indonesia. Hari ini, sebagai momentum bersejarah, Siloam Hospital Kebon Jeruk akan melaksanakan implantasi pertama Percept PC di Indonesia, sebuah teknologi mutakhir dari Medtronic.

Selama satu dekade terakhir, Siloam Hospital Kebon Jeruk bekerja sama dengan Medtronic untuk memberikan layanan pengobatan terbaik bagi lebih dari 60 implant yang sudah terpasang ke tubuh pasien. 

Tahun 2024 menandai perayaan 10 tahun perjalanan DBS Therapy di Indonesia. Pada tanggal 26 Juni ini, Siloam Hospital Kebon Jeruk bersama Medtronic merayakan tonggak sejarah dengan melakukan implantasi pertama Percept PC di Indonesia. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network