Kaget Bukan Kepalang, Iben MA Bayar Kopi Rp5 Juta di Kafe Mewah Kawasan Senayan

Muhamad Fadli Ramadan
Siapa sangka, secangkir kopi bisa membuat dompet menjerit? TikToker terkenal, Iben MA, baru saja membagikan pengalaman tak terlupa saat mengunjungi sebuah kafe di Palza  Senayan, Jakarta. Foto: TikTok

Iben awalnya memesan sebuah menu bernama 'Paraiso Gold Hot' yang menjadi salah satu best seller di cafe tersebut. Untuk satu porsi, kopi tersebut dikenakan harga Rp4.490.000, tapi ia harus membayar Rp5.311.900 setelah dikenakan pajak dan biaya pelayanan.

Kopi Paraiso Gold berasal dari Brasil dan termasuk yang termahal di dunia. Hal yang membuat kopi Paraiso Gold ini mahal lantaran tergolong langka. Proses pengolahannya juga terbilang cukup rumit.

Selain itu, kopi Paraiso Gold ini juga tidak mudah ditanam. Kalau ada yang membudidayakannya, tanaman ini biasanya ditanam pada ketinggian sekitar 1.100 meter. Sehingga, kopi tersebut mendapat manfaat dari keseimbangan yang baik antara hujan dan panas.

Setelah dipanen, biji kopi akan difermentasi selama 36 jam, dan kemudian disebar dalam lapisan setebal 30 sentimeter di atas tempat pengeringan selama dua hari. Proses pengeringan yang lambat akan menghasilkan kopi dengan kualitas yang lebih tinggi dan lebih seragam.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network