Menko Marves dan Kabarantin Memastikan Kesehatan dan Kualitas Benih Tanaman Herbal

Hasiholan
TSTH2 di Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, merupakan salah satu proyek strategis yang diharapkan dapat meningkatkan produksi tanaman herbal dan hortikultura di Indonesia

HUMBAHAS, iNewsTangsel.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Kepala Badan Karantina Indonesia, Sahat M. Panggabean, bersama melakukan kunjungan kerja ke Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) di Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, Sabtu (14/9/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan ribuan benih tanaman herbal yang akan ditanam di kawasan tersebut dalam kondisi sehat dan bebas dari hama serta penyakit yang dapat merugikan pertanian.

Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasinya terhadap upaya Badan Karantina Indonesia dalam mendukung pengembangan TSTH2. “Kehadiran TSTH2 diharapkan dapat menjadi pusat penelitian dan pengembangan tanaman herbal dan hortikultura yang unggul. Dengan dukungan karantina, kita dapat memastikan bahwa benih-benih yang ditanam di sini memiliki kualitas terbaik,” kata Luhut.

Kabarantin Sahat M. Panggaeban juga menegaskan pentingnya peran karantina dalam menjaga kualitas benih tanaman herbal. “Kami memastikan bahwa setiap benih yang masuk ke TSTH2 telah melalui proses karantina yang ketat. Hal ini untuk menjamin bahwa benih-benih tersebut bebas dari hama dan penyakit yang dapat merugikan pertanian kita,” ujarnya.

Sebagai bagian dari upaya memastikan traceability atau keterlacakan, setiap benih tanaman herbal yang masuk ke TSTH2 dilengkapi dengan QR code. QR code ini berisikan informasi lengkap mengenai data karantina, termasuk asal-usul benih, proses karantina yang telah dilalui, serta status kesehatan benih. Dengan adanya QR code ini, diharapkan dapat memudahkan pemantauan dan memastikan transparansi dalam proses pengembangan tanaman herbal di TSTH2.

Editor : Hasiholan Siahaan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network