Bincang Kesehatan RSUI: Gamma Oryzanol sebagai Pendekatan Baru untuk Cegah Stroke

Aris Danu
Penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti Gamma Oryzanol, karena dapat melindungi pembuluh darah dari kekakuan yang memicu tekanan darah tinggi

DEPOK, iNewsTangsel.id - Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan stroke, Sania Royale bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok mengadakan bincang kesehatan bertajuk "Gamma Oryzanol: Pendekatan Terbaru Mencegah Stroke”, Rabu (25/9/2024). 

Acara yang digelar di Auditorium Gedung Administrasi RSUI ini menghadirkan narasumber ahli, dr. David Pangeran, Sp.N, seorang spesialis neurologi.

Dalam pemaparannya, dr. David menjelaskan bahwa stroke merupakan kondisi serius yang terjadi akibat terganggunya pasokan darah ke otak, baik karena penyumbatan maupun pecahnya pembuluh darah. Gangguan ini dapat menyebabkan kematian sel-sel otak, sehingga area tubuh yang dikendalikan oleh otak tersebut kehilangan fungsinya.

"Faktor gaya hidup sangat berperan dalam risiko terjadinya stroke. Kebiasaan konsumsi makanan tinggi garam, gula, dan lemak, serta merokok dan alkohol adalah penyebab utama meningkatnya risiko stroke," ujar dr. David, dalam sesi dialog.

Dia menambahkan bahwa menerapkan pola makan sehat dan gaya hidup aktif dapat mencegah stroke. Membatasi konsumsi garam, lemak tidak sehat, serta gula, dan melakukan olahraga teratur minimal 30 menit setiap hari lima kali seminggu adalah langkah penting. Hindari pula kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan.

Selain itu, dr. David juga menyoroti peran penting antioksidan dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, yang berkontribusi dalam menurunkan risiko stroke. 

"Antioksidan berfungsi menjaga kelenturan pembuluh darah dengan melindungi sel endotel dari kerusakan akibat radikal bebas," jelasnya.

Gamma Oryzanol, sebuah senyawa dengan aktivitas antioksidan yang tinggi, diperkenalkan sebagai pendekatan baru dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, jantung, dan otak. Senyawa ini ditemukan secara alami dalam rice bran oil (minyak dedak padi) dan diklaim mampu membantu mencegah kerusakan pembuluh darah akibat radikal bebas.

"Penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti Gamma Oryzanol, karena dapat melindungi pembuluh darah dari kekakuan yang memicu tekanan darah tinggi, salah satu faktor utama penyebab stroke," tambahnya.

Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab, di mana peserta aktif berdiskusi seputar manfaat Gamma Oryzanol dalam pencegahan stroke dan strategi lain dalam menjaga kesehatan jantung dan otak. RSUI berharap bincang kesehatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup lebih sehat dan mencegah penyakit mematikan seperti stroke sejak dini

Editor : Hasiholan Siahaan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network