JAKARTA, iNewsTangsel.id - Program pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah dirancang oleh Kemenparekraf sepanjang tahun 2024 dipastikan tetap dioptimalkan untuk mencapai target yang telah ditetapkan, meskipun sedang berlangsung proses transisi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi dua entitas terpisah, yaitu Kementerian Pariwisata (KemenPar) dan Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenkraf).
"Masa transisi ini tidak mengurangi semangat kami untuk mencapai target utama. Program Parekraf terus berjalan tanpa perubahan arah, sehingga manfaatnya tetap bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," ujar Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Parekraf, Ni Made Ayu Marthini, dalam keterangan yang diterima, Rabu (30/10/2024).
Sebagai contoh, untuk kunjungan wisatawan mancanegara, data BPS menunjukkan bahwa pada periode Januari - Agustus 2024 telah mencapai 9,09 juta kunjungan. Target kunjungan wisman untuk tahun 2024 adalah sebesar 14,3 juta kunjungan.
Untuk memaksimalkan capaian kunjungan wisman pada dua bulan terakhir tahun 2024, berbagai program akan dijalankan, termasuk partisipasi dalam World Travel Market (WTM) London, pameran pariwisata terbesar kedua di dunia, yang berlangsung pada 5-7 November 2024.
Dalam ajang ini, Made menyebut bahwa Kemenparekraf akan memfasilitasi 46 pelaku industri pariwisata, seperti hotel, agen perjalanan, dan lainnya.
Editor : Hasiholan Siahaan
Artikel Terkait