get app
inews
Aa Read Next : CKL Cargo Raih Sertifikasi Halal MUI, Siap Layani Kargo Sesuai Syariah Islam

Sejarah Singkat Kehadiran MUI, Disetujui oleh Pemerintah Lewat Keppres 1975

Selasa, 02 Mei 2023 | 15:56 WIB
header img
Majelis Ulama Indonesia atau MUI didirikan pada tanggal 20 Rabiul Awal 1399 H atau 8 Februari 1975 M di Bandung. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Majelis Ulama Indonesia atau MUI didirikan pada tanggal 20 Rabiul Awal 1399 H atau 8 Februari 1975 M di Bandung. MUI didirikan sebagai wadah organisasi Islam yang membantu pemerintah dalam menjalankan syariat Islam di Indonesia.

MUI dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 1975. Keputusan tersebut mengakui MUI sebagai lembaga non-pemerintah yang berfungsi sebagai pengelola urusan keagamaan umat Islam di Indonesia.

MUI terdiri dari ulama-ulama Indonesia dari berbagai aliran Islam yang berbeda. MUI bertujuan untuk menyatukan berbagai aliran Islam di Indonesia dan memberikan panduan dalam hal keagamaan bagi umat Islam Indonesia.

MUI juga berperan aktif dalam menangani berbagai isu keagamaan dan memberikan fatwa tentang berbagai hal yang berkaitan dengan agama Islam.

Selama bertahun-tahun, MUI telah menjadi lembaga penting dalam kehidupan keagamaan Indonesia. MUI telah berkontribusi dalam memajukan kehidupan keagamaan umat Islam Indonesia, termasuk dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut