Statista juga meramal angka ini masih terus bertumbuh 26,5% dalam lima tahun ke depan menjadi US$12,95 miliar. Berbagai merek pun menggunakan jurus masing-masing untuk merebut hati dan dompet masyarakat Indonesia.
Seperti Le Minerale yang disebut Indrawan menggunakan strategi pemasaran edukatif yang menekankan benefit air mineralnya yang mengandung unsur mineral baik.
Sementara Cleo mengibarkan pesan bahwa airnya mengandung oksigen murni yang seimbang sehingga menyegarkan. Berbagai merek pun aktif beriklan dan memperkuat saluran distribusinya dengan jurus masing-masing.
Agus Hermanto Dosen Periklanan Universitaas Muhamadiyah Jakarta menyebutkan, Le Minerale memiliki kekuatan dengan iklan yang gencar dan distribusi, alias placing yang massif.
“Le Minerale pun memberikan insentif yang lebih menarik ke jaringan distribusinya, sehingga mereka lebih tertarik memasarkan Le Minerale, “ jelas Agus ketika dihubungi melalui sambungan telepon.
Agus melanjutkan, dalam strategi branding selain visi, dan misi, perlu juga eksistensi berkomunikasi ke pasar. Sebagai produsen, promosinya pun tak hanya ke masyarakat. Tapi juga pasar jaringan distribusi yakni pedagang kecil, besar, wholesaler.
Le Minerale yang didukung induknya, Mayora juga aktif menggelar CSR. Seperti yang dilakukan di Bogor dengan membangun secara cuma-cuma fasilitas foodcourt di berbagai lokasi dengan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor.
Sehingga kawasan UMKM pedagang kaki lima yang tadinya terlihat kurang layak menjadi sangat indah dan nyaman seperti di Foodcourt Sempur dan di Foodcourt Bogor Creative Center.
Editor : Sazili Mustofa