get app
inews
Aa Read Next : Dukung Persikota Raih Juara Liga 3 Nasional, Pemkot Tangerang Ingin Raih Kejayaan Kembali

Sampah Menumpuk di TPA Rawa Kucing, DLH Kota Tangerang Libatkan Swasta dan Minta Peran Masyarakat

Minggu, 27 Agustus 2023 | 09:46 WIB
header img
Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) dengan PT Oligo akan dilakukan DLH Kota Tangerang guna mengatasi penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Rawa Kucing.

TANGERANG, iNewsTangsel.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang akan melakukan Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) dengan PT Oligo. Langkah ini guna mengatasi penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Rawa Kucing. 

"Saat ini sudah di masa konstruksi di mana dilakukan Design Engineering Detail (DED). Kemudian, pematangan juga terhadap teknologi yang akan digunakan dan juga administrasi-administrasi yang dibutuhkan," kata Kepala DLH Kota Tangerang, Tihar Sopian Jumat (25/8/2023).

Hal lainnya yang dilakukan DLH Kota Tangerang adalah membuat terasering atau sistem sampahnya disusun perzona. TPA Rawa Kucing memiliki luas 34.8 hektare (ha) yang menampung sampah sebesar 1.500 ton dari seluruh kota Tangerang per hari
 
"Saat ini bagaimana sampah masyarakat dapat terangkut dan dibawa ke TPA Rawa Kucing dan bagaimana masyarakat dapat mengurangi sampah dari sumbernya. Bagaimana sampah dari rumah, dapat dipilah dan dimanfaatkan terlebih dahulu sebelum dibuang, sehingga ketika dibawa ke TPA Rawa Kucing hanya tinggal residu saja," ucapnya. 

Masyarakat diharapkan DLH Kota Tangerang dapat mengurangi sampah dari sumbermya guna membatasi penumpukan di TPA Rawa Kucing. Dinas ini juga memiliki program-program seperti sedekah sampah, kampung proklim, bank sampah, dan adiwiyata.

"Ini harus dengan upaya kita bersama antara Pemkot Tangerang dengan masyarakat. Kami harap, masyarakat dapat menerapkan program-program yang sudah kami buat baik dari kampung proklim hingga bank sampah," ucapnya. 

Editor : Mochamad Ade Maulidin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut