get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi Tektonik Guncang Pantai Selatan Sukabumi

Gempa M5,4 Mengguncang Garut, Situasi Terpantau Normal

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 13:46 WIB
header img
Gempa bumi berkekuatan M5,4 guncang Garut terasa hingga Jakarta. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNewsTangsel;.idGempa bumi dengan magnitudo (M)5,4 terjadi di lepas pantai Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Kamis (19/10). Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 21.08 WIB dengan pusat gempa berada pada 114 km barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 57 km. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk pengecekan potensi dampak kerusakan.  Hasil kaji cepat sementara, terpantau kondisi normal pascagempa.

Gempa juga dirasakan sekitar tiga hingga lima detik di wilayah Garut, Cianjur, Pangandaran dan Sukabumi. Para warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Namun demikian, kondisi saat ini sudah kembali kondusif. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan dampak korban jiwa.

BMKG merilis parameter gempa yang dimutakhirkan dengan M5,4 berpusat di laut dan berdasarkan pemodelan gempa ini tidak berpotensi memicu terjadinya tsunami.  

Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan. Pastikan sumber informasi terkait gempa diperoleh dari sumber yang dapat dipertanggung jawabkan.
 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut