get app
inews
Aa Read Next : Keliling Dunia Sendiri dengan Sepeda Motor Listrik, Pria Ini Tempuh Jarak Lebih dari 42 Ribu Km

Bodisa Drag Bike & Drag Race 2023 Hadirkan 25 Kelas, Digelar 24-26 November di Sirkuit ISDC Serpong

Selasa, 21 November 2023 | 21:32 WIB
header img

TANGSEL, iNewsTangsel.id - Bodisa Motor Sport kembali menggelar kompetisi balap motor dan mobil bertajuk "Bodisa Drag Bike & Drag Race 2023". Perlombaan ini merupakan gelaran perdana Bodisa di Lapangan Sirkuit ISDC Pusdik Lantas POLRI Serpong, Paku Jaya, Kec. Serpong Utara, Tangsel. 

Menurut H. Bahrudin, Ketua Bodisa Motor Sport Pamulang yang juga penyelenggara, ajang balap motor dan mobil ini merupakan kegiatan rutin. Biasanya ajang balap ini rutin digelar di Sirkuit GTX Cicangkal, Bogor, namun kali ini Bodisa menjajal sirkuit ISDC sebagai lokasi baru. 

Latar belakang perlombaan balap ini kata H. Bahrudin sebagai wadah anak-anak muda atau remaja agar tidak melakukan balapan liar. Sebab, selain mengganggu lalu lintas, balap liar juga sangat berbahaya. 

"Setiap kegiatan baik Kejurda maupun Kejurnas memang kami berpatokan untuk membina anak-anak wilayah agar tidak balap liar. Di sini kami sediakan tempatnya, resmi, jadi silahkan balapan," kata Bahrudin saat berbincang dengan awak media di Kantor Wali Kota Tangerang Selatan, Senin (20/11/2023). 

Adapun pada ajang balap kali ini, Bodisa Drag Bike & Drag Race 2023 menghadirkan 25 kelas dari berbagai kategori. Kompetisi balap ini terbuka untuk umum dengan total hadiah senilai Rp 120 juta.

"Ini terbuka untuk umum, tidak terbatas untuk wilayah Tangerang aja. Ada tim dari Palembang sama Bali yang sudah daftar," ujarnya. 

Yang menarik dari lomba balap ini adalah kategori Kelas Bracket. Kategori ini menurut Bahrudin paling banyak dinantikan para peserta maupun penonton. 

"Paling ramai, kelas Bracket itu kami sebutnya kelas keberuntungan karena tidak berfokus pada skill balap," katanya. 

Kategori Kelas Bracket merupakan lomba balap menggunakan waktu tempuh yang sudah ditentukan untuk perlintasan sepanjang 200 meter. 

"Contoh 9 detik, itu harus pas kalau misalnya kurang dragout. Ini kelas paling ramai, belum tentu pembalap aja bisa menang," terang Bahrudin seraya menyebut ada 7 kelas Bracket yang dilombakan. 

Lebih lanjut H. Bahrudin berharap pihak pemerintah dalam hal ini Pemkot Tangsel memberikan atensi terhadap olah raga balap. Selain sebagai wadah kreatifitas anak-anak muda agar tidak balap liar, olah raga ini juga menjadikan perputaran ekonomi di wilayah Tangsel menjadi lebih bangkit dan berkembang.

"Karena ini dalam rangka HUT Tangsel saya berharap ada pejabat dari Pemkot yang hadir dan memberikan imbauan kepada adik-adik kita yang sering balap liar. Ini lho sudah ada fasilitas jadi jangan adalagi balap liar," ujarnya. 

"Dengan adanya event ini saya berharap pemerintah melihat dan bikin sirkuit permanen. Karena event balap ini perputaran ekonominya tidak main-main, ada tiket masuk, UMKM jalan, SDM jalan. Jadi sirkuitnya itu tidak bakal sepi, saya berani jamin," tandasnya. 

Bodisa Drag Bike & Drag Race 2023 akan digelar pada 24-26 November 2023 di Lapangan Sirkuit ISDC Pusdik Lantas POLRI Serpong, Paku Jaya, Kec. Serpong Utara, Tangsel. HTM bagi penonton yang ingin menyaksikan dibaderol Rp 10 ribu / tiket.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut