get app
inews
Aa Read Next : HUT Ke-79 RI, PT Pelindo Solusi Logistik Bersinergi dan Lebih Dekat dengan Warga

Pemprov Malut Libatkan UMKM Unjuk Produk Unggulan di Hari Nusantara 2023 Tidore

Selasa, 12 Desember 2023 | 18:35 WIB
header img
Pemerintah Provinsi Malut dikatakannya telah menyiapkan 100 stand khusus untuk digunakan UMKM unjuk produk unggulan melalui Pameran Nusantara UMKM Expo 2023

Sejumlah pejabat juga dijadwalkan hadir untuk menyaksikan secara langsung puncak peringatan Hari Nusantara 2023 di antaranya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, Sekretaris Kemenpora Gunawan Siswantoro, Sesditjen Perhubungan Darat Amirulloh, dan tamu undangan lainnya.

Sejarah Hari Nusantara

Hari Nusantara berawal dari Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia saat itu, Djuanda Kartawidjaya.

Deklarasi Djuanda menyatakan bahwa laut Indonesia di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Deklarasi ini dipertegas kembali dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985 tentang Pengesahan UNCLOS (United Nations Convention On The Law of The Sea) 1982 bahwa Indonesia adalah negara kepulauan.

Selanjutnya, pada 13 Desember 1999 dicanangkan sebagai "Hari Nusantara" melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001. Surat itu menetapkan bahwa 13 Desember sebagai Hari Nusantara, dan resmi dinyatakan sebagai hari perayaan nasional yang diperingati setiap tahun.

 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut