Selain itu, generasi milenial dan Gen-Z lekat sekali dengan kegiatan konsumsi yang dari masa ke masa memerlukan keuangan yang selaras dengan gaya hidup mereka. Diambil dari studi Morgan Stanley, Institute for Sustainable Investing, pada tahun 2017, menyebutkan bahwa selain memperhatikan gaya hidup, terdapat tren yang menarik dari generasi muda, dimana mereka cenderung melakukan pembelanjaan dan investasi dari
perusahaan yang memiliki nilai-nilai yang selaras dengan nilai-nilai keberlanjutan mereka, antara lain thrifting (belanja hemat dan ramah lingkungan dengan membeli barang-barang bekas berkualitas), recycled materials (belanja produk daur ulang), dan emissions-focus (belanja dengan memperhatikan faktor emisi). Sebanyak 86% generasi milenial tertarik, dan 72% Gen-Z mengekspresikan harapannya bahwa dengan melakukan investasi yang bertanggungjawab dapat mengarah pada hasil yang berkelanjutan bagi masyarakat .
Elvera menambahkan bahwa, “Bersama Let’s Invest, Girls!, remaja puteri memiliki waktu dan kesempatan untuk belajar tentang literasi keuangan sejak muda sehingga ini momen penting bagi mereka untuk sejak dini mendapatkan ilmu dan wawasan yang benar dalam memahami berbagai manfaat dari menabung dan berinvestasi.” Lanjutnya, “Tidak ada satupun peserta di sesi ini yang pernah mendapatkan kelas atau sesi khusus terkait literasi keuangan. Tentu kehadiran LIG menjadi kesempatan bagi mereka untuk mempelajari dasar-dasar pengelolaan dan pengembangan keuangan. Mereka harus paham hubungan yang terjalin antara mereka dengan uang, bagaimana agar uang dapat digunakan secara bijak, sebagai alat pencapaian tujuan mereka.”
Pada sesi literasi keuangan, LIG tidak hanya membahas tentang cara kerja uang, namun bagaimana investasi dapat melindungi keuangan mereka dari inflasi, meningkatkan aset dari compounding (penggabungan dan perlipatan) dari investasi yang ditanamkan, meraih tujuan finansial dengan lebih efektif, dan yang terpenting, bagaimana perempuan bisa punya kontrol terhadap masa depan finansialnya. Jika program literasi menjangkau remaja perempuan Indonesia secara lebih luas, mereka dapat menciptakan dunia yang lebih baik karena akan ada begitu banyak keputusan finansial penting dalam hidup yang dilakukan oleh perempuan, baik untuk dirinya, keluarganya, dan anak-anaknya.
Editor : Hasiholan Siahaan