get app
inews
Aa Read Next : Perkuat Literasi Keuangan Digital, Bank DKI Kolaborasi dengan Pasar Jaya

Let’s Invest Girls Keliling Indonesia,Targetkan 500 Remaja Puteri Dapatkan Manfaat Literasi Keuangan

Kamis, 07 Maret 2024 | 08:44 WIB
header img
Program Workshop Keliling Indonesia bertema “The Power from Within” dilaksanakan sejak 2022 dan akan terus digiatkan ke berbagai kota di Indonesia, dikombinasikan dengan pelatihan dan webinar secara daring bagi remaja puteri usia 15-25 tahun

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Yayasan Pendidikan Investasi Muda Indonesia melalui program Let’s Invest Girls (LIG) kembali melanjutkan perjalanan keliling Indonesia dengan destinasi pertama tahun ini ke kota Bogor.

Bekerjasama dengan Palang Merah Remaja, LIG tahun ini menargetkan 500 remaja puteri usia 15-25 tahun untuk mendapatkan pengetahuan gratis mengenai literasi keuangan, yang dipadukan dengan penguatan jiwa kepemimpinan dan kemampuan komunikasi. 

Sebagai organisasi non-profit yang berfokus pada penguatan dan pemberdayaan perempuan muda Indonesia, kegiatan diramu dalam workshop bertema “The Power from Within”. Kegiatan ini berlangsung di SMAN 9 Bogor, dihadiri oleh 35 siswi terpilih untuk mendapatkan wawasan, inspirasi, dan kiat-kiat seputar literasi keuangan, kepemimpinan, dan komunikasi. 

Elvera N. Makki, Inisiator Let’s Invest Girls menyatakan, “Let’s Invest Girls memiliki misi agar perempuan muda Indonesia bijaksana mengelola, memitigasi risiko, dan mengembangkan keuangan secara independen. Tak hanya itu, fondasi gerakan ini merupakan penguatan dan pemberdayaan perempuan Indonesia agar mampu mengoptimalkan potensinya, merealisasikan mimpinya, dan menjadi versi terbaik dirinya. Sejak 2022, program kami telah menjangkau lebih dari 480 siswi SMA/SMK yang terwakili dari Aceh hingga Papua.

Tahun ini, target kami memberikan dampak bagi peningkatan literasi keuangan di berbagai wilayah Indonesia bagi 500 remaja puteri.” katanya, Kamis (7/3/2024).

Hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan tahun 2022 menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen, telah naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03 persen, tetapi masih terdapat gap/perbedaan dengan tingkat inklusi keuangan (85,1%) .

“Data inilah yang juga turut mendorong Let’s Invest Girls untuk menggiatkan program literasi keuangan yang berfokus pada remaja puteri sebagai kelompok yang sangat menentukan dalam pengambilan keputusan finansial tidak hanya bagi dirinya, namun juga saat berkarir dan berkeluarga nantinya, sehingga harus dibekali ilmu dan wawasan finansial praktis yang benar sejak awal,” lanjut Elvera.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut