get app
inews
Aa Read Next : CIMB Niaga Syariah Kembangkan Ekosistem Haji dan Umrah

Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri, Rabu 10 April 2024

Selasa, 09 April 2024 | 22:19 WIB
header img
Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri fitri jatuh pada Rabu (10/4/2024). Foto Dok Inews

JAKARTA, iNewsTangsel.id -Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada Rabu (10/4/2024). Penetapan ini didasarkan pada hasil sidang isbat penentuan awal Syawal yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa (9/4/2024). "1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024 Masehi," kata Menag Yaqut di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat.

Tim Kemenag telah mengamati posisi hilal di 127 titik di seluruh provinsi di Indonesia, bekerja sama dengan petugas Kanwil Kemenag, Pengadilan Agama, ormas Islam, dan instansi terkait.

Menurut Antara, dalam sidang tersebut, turut hadir perwakilan ormas Islam seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan perwakilan dari Komisi VIII DPR. Hadir pula perwakilan dari negara-negara Islam yang ada di Indonesia.

Seperti sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1445 H sebelumnya, sidang Isbat kali ini dimulai dengan paparan posisi hilal 1 Syawal 1445 Hijriah oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama. Pada tahap kedua, sidang isbat dilakukan secara tertutup dan hanya dihadiri secara fisik oleh perwakilan MUI, Komisi VIII DPR, menteri, dan wakil menteri Agama.

Penetapan 1 Syawal 1445 H menggabungkan dua metode, yaitu hisab dan rukyat, yang selalu digunakan oleh Kemenag untuk saling melengkapi. Sementara itu, Muhammadiyah menggunakan kriteria Wujudul Hilal untuk menentukan awal bulan Hijriah, dan telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut