get app
inews
Aa Read Next : Airin dan Ade Sumardi Siapkan 12 Program Prioritas Pembangunan di Banten

Airin: Pemekaran Daerah Dapat Memperpendek Jalur Birokrasi dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Senin, 20 Mei 2024 | 16:22 WIB
header img
Ketua DPW PKB Banten, Ahmad Fauzi, menilai bahwa Airin cukup memahami masalah pemekaran daerah atau pembentukan daerah otonom baru

BANTEN, iNewsTangsel.id - Rencana pemekaran daerah di beberapa kabupaten di Provinsi Banten mendapat dukungan dari Airin Rachmi Diany. Calon gubernur Banten ini berpendapat bahwa jika moratorium pemekaran daerah dicabut, maka pemerintah provinsi perlu membantu memperkuat kajian dan membantu sampai terbentuk daerah otonom baru yang mandiri.

Hal tersebut disampaikan Airin kepada wartawan setelah pemaparan visi dan misi calon gubernur di Aula Kantor DPW PKB Provinsi Banten pada Senin (20/5/2024). “Saya setuju, kita mekarkan kabupaten dulu. Kita punya potensi, dan kajiannya sudah ada,” kata Airin.

Airin menyatakan siap memperdalam kajian untuk beberapa calon daerah pemekaran baru. Kajian tersebut harus mencakup penguatan potensi pendapatan asli daerah hingga kemandirian fiskal. “Kita harus meyakinkan pemerintah pusat dan semua pihak bahwa daerah otonom baru nanti tidak akan menjadi beban, tetapi justru akan mendorong pembangunan daerah. Itu yang harus ditekankan,” ujarnya.

Persetujuan pemekaran daerah atau pembentukan daerah otonom baru berada di kewenangan pemerintah pusat. Airin mengaku telah berdiskusi dengan sejumlah tokoh yang sedang memperjuangkan daerah otonom baru.

Beberapa daerah yang bisa dibentuk antara lain Kabupaten Cilangkahan, Caringin, Cibaliung, dan beberapa pemekaran Kabupaten Tangerang. “Semua yang sudah ada kajian, kita dukung dan dorong. Kajian tersebut diperkuat untuk meyakinkan kemandirian fiskal. Pemerintah provinsi harus membimbing dan mengarahkan,” ujarnya.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut