get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kinerja, Mendagri Tekankan Pentingnya Iklim Kompetitif Antar-Kepala Daerah

Prodi Desain Mode Batik ISI Surakarta Gelar Pelatihan Art Wear di Ponpes Daar el Qolam II Tangerang

Selasa, 28 Mei 2024 | 11:47 WIB
header img
Dosen dan mahasiswa Prodi Desain Mode Batik ISI Surakarta melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Penciptaan Busana Art Wear di Ponpes Daar el-Qolam II Gintung, Jayanti, Tangerang, Banten.

TANGERANG, iNewsTangsel - Dosen dan mahasiswa Prodi Desain Mode Batik ISI Surakarta melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Penciptaan Busana Art Wear di Ponpes Daar el-Qolam II Gintung, Jayanti, Tangerang, Banten. Kegiatan pelatihan art wear ini berlangsung selama dua hari yaitu pada 23 dan 24 Mei 2024, di Ponpes Daar el-Qolam II.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat Karya Seni ini memberikan motivasi kepada para santri Pondok Pesantren Daar el-Qolam II untuk bisa memiliki kreativitas pada penciptaan busana art wear. PKM Karya Seni ini juga mengenalkan kepada santri bahwa art wear juga bisa berguna pada perkembangan dan penerapan IPTEKS di kalangan Pondok Pesantren.

“Harapannya, busana ini bisa menjadi media promosi bagi Daar el-Qolam II bahwa Santri juga bisa berkarya dan berkecimpung dalam dunia fashion. Tentunya dengan menerapkan asas keislaman dan tidak terlepas dari Motto Pondok dan Panca Jiwa Pondok,” kata Syarifah Nur Hajja, M.Sn Ketua PKM Karya Seni Jellabiya yang juga merupakan Dosen Prodi Desain Mode Batik ISI Surakarta, dalam keterangan resminya, Selasa (28/5/2024).

Syarifah menambahkan, busana art wear juga bisa dikenakan saat ada kegiatan Milad Pondok Pesantren, peringatan acara besar, pengiring Marching Band, carnaval, jambore dan juga festival.

Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan dan pendampingan teknik merancang busana art wear hingga teknik pembuatan busana. Yang juga dilengkapi dengan pelatihan make up fantasi serta koreografi saat mengenakan busana art wear.

“Alhamdulillah kegiatan ini berlangsung dengan lancar, semua santri terlihat senang dan bersemangat mengikuti seminar dan pelatihan penciptaan busana art wear. Harapannya Pengabdian Kepada Masyarakat ini bisa menjadi ajang untuk bertukar pikiran dan pengalaman dari dosen dan mahasiswa Prodi DMB ISI Surakarta kepada santri Ponpes Daar el-Qolam II bahwa santri juga memiliki peluang dan kreativitas dalam penciptaan busana art wear,” terang Syarifah.

Lebih lanjut Syarifah berharap, kegiatan pelatihan tersebut menjadi titik awal pembuka jalinan silaturahmi antara ISI Surakarta dengan Pondok Pesantren Daar el-Qolam II Gintung, Jayanti, Tangerang, Banten.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut