get app
inews
Aa Read Next : Keliling Dunia Sendiri dengan Sepeda Motor Listrik, Pria Ini Tempuh Jarak Lebih dari 42 Ribu Km

Deretan Pemenang TikTok Ad Awards 2024, Dari Brand Ternama Hingga UMKM

Rabu, 29 Mei 2024 | 22:01 WIB
header img
TikTok Ad Awards 2024 gelar ajang penghargaan untuk merayakan kreativitas dan orisinalitas dalam kampanye pemasaran.

JAKARTA, iNews - TikTok sukses menggelar TikTok Ad Awards di Asia Tenggara untuk pertama kalinya. Penghargaan ini untuk merayakan kreativitas dan orisinalitas dalam kampanye pemasaran. Penghargaan ini diadakan di enam negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Sejak dibuka pendaftaran pada Februari 2024 di Indonesia, ajang apresiasi ini diikuti berbagai brand dan agensi yang telah menggunakan ekosistem kreatif TikTok untuk menghadirkan kampanye kreatif yang menginspirasi.
 
"Melalui ajang penghargaan TikTok Ad Awards inilah kami ingin memberikan pengakuan untuk brand atas kreativitas mereka," kata Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia, di acara Media Luncheon TikTok Advertising Awards 2024, di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Setelah menerima antusiasme luar biasa dari ratusan brand dan agensi di Indonesia, TikTok Ad Awards 2024 telah menyelesaikan proses seleksi ketat yang melibatkan tujuh panel juri eksternal yang merupakan ahli di bidangnya, serta tiga juri dari tim internal TikTok. Dari empat kategori penghargaan untuk brand, terdapat pemenang dengan peringkat Gold, Silver, dan Bronze.

Adapun untuk penghargaan Gold, berhasil diraih oleh:
1. Best Branding Campaign yang berhasil dimenangkan oleh blu by BCA Digital melalui kampanye Kastamer Ngablu
2. Best Commerce Campaign yang diraih oleh OMG melalui kampanye Empowering Women, Empowering Dreams: OMG Oh My Grande
3. Best Performance Campaign yang diberikan kepada Somethinc melalui kampanye #KulitKalem
4. Best Local Hero Campaign yang dianugerahi kepada EatSambel melalui kampanye Sambel Nikmat, Wangi Cita Rasa Tradisional
 
Kemenangan keempat kategori itu berdasarkan faktor pertimbangan dan penilaian pada saat pemilihan pemenang, terutama dari segi pemanfaatan ekosistem kreatif TikTok untuk menghasilkan iklan kreatif dengan mudah dan fleksibel.

Dalam kegiatan Media Luncheon TikTok Advertising Awards 2024, para pemenang berbagi kiat mereka dalam mengejewantahkan ide kreatif menjadi kampanye pemasaran yang efektif di TikTok.

Pemenang Best Branding Campaign, blu by BCA Digital, mengungkapkan kampanye komunikasi yang inovatif dalam memperkenalkan blu secara informatif dan edukatif. Melalui konten ‘kastamer ngablu’ yang mencerminkan interaksi nyata bagaimana customer service blu selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dan reliable untuk nasabah, telah berhasil membangun chemistry kedekatan dengan audiens. Untuk membantu proses kreativitasnya, blu by BCA Digital juga menggunakan TikTok Creative Exchange sebagai bentuk eksplorasi dan pemanfaatan tools yang dimiliki oleh TikTok.

Demikian pula, OMG menggunakan ekosistem kreatif TikTok yang mudah digunakan untuk memikat hati penggunanya, seperti konten video dengan ragam efek tulisan dan transisi agar video terlihat lebih menarik, serta promo dengan berkolaborasi bersama kreator affiliate OMG di TikTok.

Kemudian, Somethinc juga menceritakan proses kreatif dari karyanya yang menggunakan ragam fitur kreatif dari pengunaan audio yang menarik, bekerja sama dengan sejumlah konten kreator TikTok, dan juga menggunakan digital ads sehingga dapat membangun consumer journey Somethinc yang komprehensif.

Pemenang ajang penghargaan TikTok Ad Awards juga berhasil dimenangkan UMKM, EatSambel, pemenang Best Local Hero Campaign. Garry Koesoema, Head of Marketing EatSambel.

"Banyak orang merasa brand baru pasti kalah sama brand besar. Padahal, stigma ini harus dipatahkan, karena kuncinya ada di kreativitas. EatSambel sendiri bermula dari UMKM sambel rumahan, tetapi kami berhasil berkompetisi di pasar berkat kreativitas dan dukungan TikTok. Misalnya, melalui fitur FYP, kami bisa membuat konten kreatif yang meningkatkan awareness serta penjualan kami. Berkat TikTok kami berhasil menghibur para audience sekaligus memperkenalkan sambel terbaik dari EatSambel, sehingga kami dapat terus meningkatkan pelayanan untuk para pelanggan setia kami,”ujar Garry.
 
Amir Widjaja, Executive Director, Marketing & Lifestyle Business dari OCBC, sebagai salah satu juri mengungkapkan hal senada.

"Hal penting yang dipelajari dalam ajang penghargaan ini adalah bahwa kreativitas tidak terbatas hanya pada seberapa besar brand tersebut, melainkan seberapa besar keinginan mereka untuk menjadi kreatif. TikTok Ad Awards telah menjadi pengingat bagi saya untuk selalu belajar dari berbagai industri serta brand dengan berbagai ukuran bahwa tidak ada batasan untuk menjadi kreatif,”terang Amir.
 
Sitaresti menambahkan, TikTok akan terus menyambut para brand dan agensi untuk berkarya secara inovatif dengan menggunakan ekosistem kreatif di TikTok, sehingga brand menjadi lebih dikenal dan dapat mencapai tujuan bisnis mereka dengan efektif.

“Kami sangat antusias untuk terus memberdayakan ekosistem kreatif TikTok agar dapat membantu brand menghasilkan konten yang menginspirasi setiap harinya," katanya.
 

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut