get app
inews
Aa Read Next : Asuransi BRI Life Turut Meramaikan Ulang Tahun ke-59 PT Telkom Indonesia

Rahasia Mengatasi Vertigo, Profesor Asal Universitas Yordania: Rehabilitasi Vestibular Jadi Kunci

Rabu, 02 Oktober 2024 | 18:32 WIB
header img
Profesor Alia A. Alghwiri (kanan), seorang ahli fisioterapi asal Yordania dengan pengalaman internasional yang luas, berbagi pengetahuan mendalam tentang rehabilitasi vestibular. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Profesor Alia A. Alghwiri, seorang ahli fisioterapi asal Yordania dengan pengalaman internasional yang luas, berbagi pengetahuan mendalam tentang rehabilitasi vestibular dalam kuliah pakar yang diselenggarakan oleh Program Studi Sarjana Terapan Fisioterapi pada Rabu 2 Oktober 2024.

Beliau menjelaskan secara komprehensif mengenai anatomi dan fisiologi sistem vestibular, serta implikasinya dalam praktik klinis.

Prof. Alia mengawali presentasinya dengan menjelaskan sistem vestibular, bagian tubuh yang berperan penting dalam keseimbangan. Beliau juga membahas berbagai gangguan yang dapat terjadi pada sistem ini, seperti vertigo, vestibular neuritis, dan penyakit Meniere. Orang-orang yang mengalami gangguan vestibular seringkali merasa takut melakukan aktivitas sehari-hari yang melibatkan perubahan posisi, seperti naik tangga atau lift.

Gejala vertigo perifer meliputi vertigo posisional paroksismal benign (BPPV), gangguan pendengaran, tinnitus, dan ketidakstabilan postural. Nistagmus horizontal atau rotator sering ditemukan pada vertigo perifer.

Sebaliknya, vertigo sentral ditandai dengan nistagmus vertikal, ptosis, anisokoria, disfagia, dan gejala neurologis lainnya seperti dismetria, ataksia, dan tanda-tanda lesi batang otak. Gejala-gejala ini menunjukkan adanya disfungsi pada sistem vestibular sentral dan dapat menyebabkan gangguan keseimbangan yang parah.

“Banyak fisioterapis yang hanya mengecek leher pasien ketika mereka mengatakan mereka pusing, namun pengecekan pada sistem vestibular sendiri penting untuk dilakukan,” tambah Prof. Alia A. Alghwiri.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut