get app
inews
Aa Read Next : Relawan Lentera Kasih Adakan Pertemuan Bobby Nasution dengan Pelaku Ekraf dan UMKM di Danau Toba

Di Balik Kebutuhan Modal, UMKM Merindukan Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Rabu, 16 Oktober 2024 | 17:15 WIB
header img
Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) perlu secara konsisten dibantu pemerintah. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Janji untuk membantu UMKM agar naik kelas pada kampanye pemilu telah mendapat respons dari Faransyah Agung Jaya, pendiri Wiranesia Foundation. Coach Faran memperingatkan pelaku UMKM agar tidak terpedaya oleh tawaran modal mudah atau tanpa bunga.

Menurutnya, akses pasar yang kuat jauh lebih penting daripada sekadar modal. Data menunjukkan 83,9 persen UMKM kesulitan memasarkan produk, dan hanya 14,7 persen yang memiliki akses pasar global.

Faran mendorong pemerintah daerah untuk aktif menciptakan akses pasar yang lebih luas bagi UMKM, agar mereka dapat berkembang dan berkontribusi lebih besar terhadap ekonomi lokal.


 
Dengan adanya pusat oleh-oleh produk lokal, diharapkan UMKM dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat dan turis. Coach Faran berharap Presiden terpilih Prabowo Subianto mempertimbangkan ide-ide ini untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar domestik dan global.

Menurut dia meski persoalan modal memang penting, hal tersebut tidak akan berkelanjutan jika tidak ada akses pasar yang kuat untuk mendukung kelangsungan bisnis.

“Modal tanpa pasar itu percuma,” ungkap Faran yang juga merupakan CEO One Integra Ventures ini kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2024.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut