get app
inews
Aa Read Next : Rapat Pleno Terbuka KPU Tangsel Tetapkan DPT Final untuk Pilgub Banten dan Pilwalkot Tangsel

Ramadan Unik Lintas Etnis di Indonesia, Nomor 5 Terasa Kuat di Tangerang

Rabu, 13 April 2022 | 10:35 WIB
header img
Ramadan unik banyak tradisi dari berbagai etnis di Indonesia. (Foto: Thirdman/Pexels)

TANGSEL, iNews.id - Ramadan unik banyak tradisi dari berbagai etnis di Indonesia. Setiap daerah memiliki berbagai caramerayakan bulan suci tersebut.

Apa saja? Tradisi Unik Ramadan dari Berbagai Etnis di Indonesia

1. Meugang, Aceh
Tradisi unik Ramadan dari berbagai suku pertama adalah dari Aceh. Ketika memasuki bulan suci Ramadhan, masyarakat Aceh punya kebiasaan unik, yakni memasak daging lalu menyantapnya bersama keluarga, atau mengundang tetangga, anak yatim, dan fakir miskin.

Tradisi ini dikatakan sudah ada sejak masa Kerajaan Aceh dan dilakukan secara turun-temurun. Sultan Iskandar Muda yang memerintah Aceh Darussalam memerintah para petinggi istana untuk membagikan daging kepada rakyat yang membutuhkan.

Sebenarnya Meugang tidak hanya dilakukan saat Ramadhan saja, tapi juga menjelang Hari Raya Idul Adha. Makna dari tradisi Meugang ini adalah suka cita terhadap Ramadan dan menumbuhkan rasa kepedulian untuk bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim.

2. Malamang, Minang
Masyarakat Minangkabau punya tradisi menyambut Ramadan dengan membuat lemang (lamang) atau yang juga disebut dengan malamang. Lemang terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan, lalu dikemas dalam wadah bambu yang dilapisi daun pisang.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut