get app
inews
Aa Read Next : Rapat Pleno Terbuka KPU Tangsel Tetapkan DPT Final untuk Pilgub Banten dan Pilwalkot Tangsel

Ramadan Unik Lintas Etnis di Indonesia, Nomor 5 Terasa Kuat di Tangerang

Rabu, 13 April 2022 | 10:35 WIB
header img
Ramadan unik banyak tradisi dari berbagai etnis di Indonesia. (Foto: Thirdman/Pexels)

5. Nyorog, Betawi

Suku Betawi juga memiliki tradisi unik Ramadhan dari berbagai suku bernama Nyorog. Tradisi ini dilakukan dengan mendatangi rumah sanak saudara dan kerabat yang tinggal berjauhan sambil membawa bingkisan makanan.

Biasanya, bingkisan tersebut berupa berbagai jenis kue, sembako, atau makanan khas Betawi yang dimasukkan ke rantang. Nyorog merupakan penghormatan dari orang muda kepada yang lebih tua.

Tradisi ini diyakini sudah ada sejak zaman dahulu. Situs Dinas Kebudayaan Jakarta menyebutkan Nyorog diperkenalkan oleh para wali saat berupaya menyebarkan ajaran Islam.

Nyorog tidak hanya dilakukan menjelang Ramadhan saja, tapi juga menyambut Lebaran atau prosesi lamaran. Dalam prosesi lamaran, pihak lelaki mendatangi keluarga perempuan dengan membawa sorogan (sogokan) atau bingkisan.

6. Batahlil, Ternate

Batahlil merupakan tradisi Islam yang dimiliki masyarakat Ternate di Maluku Utara. Menjelang bulan suci Ramadhan, mereka akan melakukan batahlil yang sudah diwariskan secara turun-temurun oleh leluhur.

Tradisi Batahlil diawali dengan mengunjungi makam orang tua atau keluarga yang telah meninggal. Mereka lalu menaburkan potongan daun pandan di atas pusara kemudian menyiram dengan sebotol air sebelum berdoa. Tradisi ini mirip nyekar bagi masyarakat Jawa.

Setelah itu, warga melaksanakan tradisi unik Ramadhan dari berbagai suku bersama imam dan tetangga. Pelaku Batahlil adalah laki-laki, duduk berhadapan di tikar, dan imam duduk di ujung untuk memimpin.

Sambil berzikir dan berdoa, di hadapan warga disediakan bahan yang dibakar dan potongan daun pandan sebagai wewangian. Setelah Batahlil selesai, tuan rumah akan membagikan nasi kuning dan kue. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut