Logo Network
Network

Dahsyat! Mahasiswa ITPLN Ubah Limbah Sampah Jadi Energi Listrik

Yorri Farli
.
Kamis, 23 Mei 2024 | 21:14 WIB

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Pekerja menunjukkan briket bahan baku energi listrik dari daur ulang sampah di Institut Teknologi PLN, Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Praktik pembelajaran tersebut mengolah limbah kampus dengan proses penyeumisasi menggunakan cairan bio aktivator yang kemudian dijadikan pelet dan briket sebagai bahan baku energi listrik untuk operasional kampus.

Program pengelolaan dan pemanfaatan sampah yang diinisiasi oleh ITPLN bertujuan untuk mengubah sampah menjadi Refuse Derived Fuel (RDF) yang akan digunakan sebagai bahan bakar tambahan (cofiring) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Langkah ini diharapkan dapat memberikan manfaat sosial, ekonomi, dan lingkungan yang signifikan bagi masyarakat sekitarnya.

ITPLN berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dan memastikan keberlanjutan program ini guna menciptakan dampak positif yang berkelanjutan, dengan fokus pada penerapan energi baru dan terbarukan.

Oleh sebab itu mahasiswa berperan aktif dalam mengolah sampah menjadi energy dan menjadi sdm yang unggul di bidang energi.

Editor : Hasiholan Siahaan

Follow Berita iNews Tangsel di Google News

Bagikan Artikel Ini