Kabupaten Gunung Kidul Diganjar Penghargaan Kominfo Berkat Inovasi dalam Teknologi Digital

Aris Dannu

TANGERANG, iNews - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul diganjar penghargaan pada acara Forum Smart City Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo).

Kabupaten Gunungkidul mendapatkan penghargaan tersebut untuk kategori Smart Branding and Smart Society. Penghargaan dari Kominfo tersebut diterima secara langsung oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta di acara penghargaan Gerakan Menuju Smart City 2023 itu yang berlangsung di Convention Exhibition, ICE BSD, Tangerang, Kamis (7/12/2023).

Pada forum tersebut, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta juga hadir sebagai narasumber dalam diskusi Penjelasan Tentang Gerakan Menuju Smart City dan Smart Province 2023.

Sunaryanta memaparkan, salah satu yang menguatkan smart city di Gunungkidul adalah dengan membangun komunikasi dan MOU dengan kampus-kampus.

"Dengan mereka salah satunya melalui KKN untuk mengajarkan kepada anak-anak di daerah yaitu Bahasa Inggris, Fisika, dan Matematika," kata Sunaryanta.

Terkait dengan perhargaan tersebut, Sunaryanta berharap untuk branding smart city di Gunungkidul nantinya bisa sampai ditingkat desa atau kelurahan.

Dia mempunyai target kedepannya untuk mewujudkan smart vilage agar tidak hanya kota yang cerdas, tapi seluruh desa juga cerdas.

"Komunitas-komunitas yang kita berdayakan seperti komunitas informasi masyarakat serta anak-anak muda yang paham tentang digitalisasi kita berdayakan," jelas Sunaryanta.

Ia juga menambahkan dalam pengembangan dan peningkatan branding tidak terlepas dari kolaborasi Pemerintah Daerah, Masyarakat dan Akademisi, serta dalam peningkatan sumber daya masyarakat, dengan harapan kedepannya terus ditingkatkan. 

"Kita Pemerintah daerah juga sedang melakukan branding tentang pariwisata, dalam satu tahun ini kita memproyeksikan pengunjung atau wisatawan hampir 2,8 juta dalam tahun ini dan sampai saat ini sudah mencapai 2,7 juta dan saya yakin tahun ini tercapai," katanya.

Sementara itu, Plt Direktur LAIP Kominfo, Aris Kurniawan mengatakan Forum Smart City Nasional menjadi moment untuk saling sharing dan berbagi terkait dengan inovasi smart city kedepannya.

"Program yang telah dijalankan dapat sustain dan terus dilaksanakan, dan kita sudah mendampingi 241 Kabupaten Kota terkait dengan Smart City dan ada 2 Provinsi," tandasnya.

Editor : Hasiholan Siahaan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network