Tiga ODGJ Binaan Yayasan Al-Fajar Berseri Masuk Dapur Rekaman, Dilatih Langsung Oleh Jenita Janet

Aris Dannu

BEKASI, iNews - Yayasan Al-Fajar Berseri, Bekasi terus berupaya menyembuhkan warga ODGJ binaan untuk sembuh dari gangguan mental. Salah satunya dibuktikan dengan hadirnya tiga penyanyi yang lahir lewat program ODGJ Menjadi Bintang.

Diketahui, Yayasan Al-Fajar Berseri selama ini membantu orang-orang dengan gangguan kesehatan mental. Yayasan ini mempunyai sebuah Panti Rehabilitasi Mental yang menampung kurang lebih 590 warga binaan atau ODGJ. Program terbaru ini merupakan bagian dari usaha untuk menyalurkan bakat atau kemampuan para warga binaannya.

"Program ini memberikan kesempatan para ODGJ untuk dapat kembali normal dan sembuh dari gangguan mental yang selama ini mereka alami hingga bertahun-tahun lamanya, mematahkan stigma negatif dari sebagian masyarakat," kata H Marsan Susanto, Ketua Yayasan Al-Fajar Berseri, di Bekasi, baru-baru ini.

Dari 590 warga binaan, terpilih tiga nama yang dianggap memiliki bakat spesial di bidang tarik suara. Mereka adalah Rosi Arisha, Elsi Ardella dan Silla Swastika. Elsi Ardella menghadirkan single berjudul "Janji Manismu" dan Rosi Arisha berjudul "Bertahan".

"Lagu-lagu tersebut ciptaan OXAND dan Joko Antik sebagai Produser Musik. Terasa semakin Istimewa, selama proses rekamannya, mereka akan dilatih oleh Jenita Janet," ujar Marsan.

Lewat karya dalam proses menyanyi dan rekaman, diharapkan bisa mengembalikan rasa percaya diri, mental dan kemampuan Rosi, Elsi dan Silla dalam berkarya.

"Kita wajib bersyukur, mereka yang memiliki kekurangan, ternyata punya kelebihan, punya talenta, yang belum tentu kita miliki. Atas dorongan, atas motivasi, mereka ingin bangkit membuktikan kepada kita semua, bahwa mereka juga bisa seperti orang pada umumnya," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi.

Setelah sukses dengan tiga nama ini, bukan tidak mungkin mereka bakal melakukan program serupa dengan peserta berbeda. Melalui program menyanyi ini, para warga binaan diharapkan bisa memotivasi rekannya.

"Beberapa waktu lalu Janet datang ke Yayasan ODGJ di daerah tambun. Di sana ketemu sama beberapa pasien yang sudah 90% sembuh. Mereka menghabiskan hari-harinya dengan bernyanyi dan senang banget Janet bisa ngasih support untuk bisa mengembalikan kepercayaan diri mereka lewat bernyanyi dan berbahagia," kata Jenita Janet.

Selain merilis lagu, nantinya mereka juga bakal menggelar sebuah konser. Hal inilah yang membuat Janet merasa terharu.

"Mereka akan membuat sebuah konser serta launching lagunya. Terharu, bangga, mereka bisa berkarya meski dengan segala keterbatasannya," tandasnya.

Editor : Hasiholan Siahaan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network