"Berdasarkan informasi yang kami terima, kapasitas kolam perikanan dermaga barat Pelabuhan Benoa hanya dapat mengakomodir maximum 90 kapal sedangkan kondisi saat ini kurang lebih sudah mencapai 700 kapal. Bagi wisatawan ada dua hal yang menjadi concern penting, yang pertama keamanan dan kedua kenyamanan”, tambah Gde.
Sementara itu, Direktur Strategi Pelindo Prasetyo menyatakan Pengembangan dan Pembangunan BMTH sudah sesuai dengan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) dan perlu kembali dipahami bersama bahwa Pelabuhan Benoa merupakan Pelabuhan Umum, bukan Pelabuhan Perikanan. Salah satu dampak dari pengembangan BMTH adalah saat ini beberapa kapal cruise berukuran besar yang memiliki panjang lebih dari 300 meter dengan penumpang rata-rata 3.000 penumpang sudah mulai sandar di Pelabuhan Benoa. Diharapkan kedepannya BMTH dapat menjadi Home Port untuk beberapa Cruise Line Internasional di Indonesia.
"Sebelum pandemi, kunjungan kapal cruise kurang lebih sudah ada 97 kapal yang sandar masuk ke Pelabuhan Benoa, Bali namun sebagian besar kapal cruise yang sandar tersebut terbatas dengan rata-rata ukuran panjang kapal di bawah 300 meter saja. Sedangkan Kapal milik Royal Carribean Cruise Line yang berukuran besar tidak dapat sandar di Pelabuhan Benoa, Bali. Namun dengan adanya pengembangan BMTH ini, kapal cruise berukuran besar 300-340 meter, sudah dapat sandar di Pelabuhan Benoa.
Dengan perkembangan tersebut di atas, Royal Carribean Cruise Line berminat menjadikan BMTH sebagai Home Port mereka. Selain itu, kapal pesiar yang lain sudah mulai banyak yang overstay lebih dari sehari di Pelabuhan Benoa," jelas Prasetyo.
Pada tahun 2023, BMTH telah melayani 48 kapal dan 77.864 orang penumpang. Direktur Investasi Pelindo Boy Robyanto menambahkan bahwa pembangunan ditargetkan akan selesai pada akhir 2024. Pengembangan yang dilaksanakan termasuk klasterisasi area sesuai dengan Rencana Induk Pelabuhan (RIP).
Editor : Hasiholan Siahaan
Artikel Terkait