Kontribusi Toko SRC Secara Nasional Bagi Perekonomian Indonesia Diperkirakan Mencapai Rp236 Triliun

Hasiholan
Pemilik Toko SRC Wakiran, Partiningsih, mengatakan telah merasakan dampak bergabung bersama SRC selama hampir 16 tahun

“Ekosistem SRC di Indonesia secara konsisten didorong untuk membangun kebiasaan baik dan memiliki semangat tinggi untuk maju, yang dapat dimulai dari satu langkah kecil setiap harinya. Untuk itu, SRCIS menginisiasi Gerakan 1 Hari 1 Upaya 1 Capaian dengan tujuan memperkuat nilai dan karakter pemilik toko SRC secara individu, serta mengembangkan kekuatan jaringan toko kelontong SRC sebagai komunitas UMKM yang meningkat omzetnya, berkembang tokonya, dan berdampak besar membawa Indonesia #JadiLebihBaik,” tambah Romulus.

Pembinaan SRCIS terhadap toko SRC telah mendorong peningkatan daya saing, yang ditandai dengan peningkatan omzet sebesar 42% setelah bergabung dengan SRC. Selain itu, inovasi dan kreativitas juga berkembang, di mana toko SRC berhasil mengembangkan usahanya setelah menjadi anggota SRC. Sebanyak 77% toko SRC berhasil memperluas jenis usahanya, mulai dari penjualan produk digital, jasa pembayaran, agen, hingga aplikasi. Toko kelontong yang bergabung dengan SRC juga didampingi dalam proses adaptasi digital melalui ekosistem digital AYO by SRC.

Riset Kompas Gramedia (KG Media) 2023 menunjukkan kontribusi SRC bagi perekonomian nasional, di mana total omzet seluruh toko SRC secara nasional diperkirakan mencapai Rp236 triliun pada tahun 2022, atau setara dengan 11,36% dari produk domestik bruto (PDB) retail nasional (perdagangan besar dan eceran, bukan mobil dan sepeda motor) senilai Rp2.077,43 triliun.

Dalam kesempatan yang sama, Ekonom Senior sekaligus Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi menyatakan bahwa pendampingan dan pembinaan UMKM sangat penting karena kontribusi dan peran vital UMKM sebagai pilar utama dalam perekonomian Indonesia. Ia mengemukakan bahwa 61 persen produk domestik bruto (PDB) ekonomi Indonesia disokong oleh aktivitas para pelaku UMKM. Oleh karena itu, Fithra mengapresiasi SRCIS yang secara konsisten telah membina dan mendampingi UMKM.

Editor : Hasiholan Siahaan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network